Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung yang Goyang dan Berisik

Kompas.com - 16/02/2021, 16:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama dan sering digunakan, kipas angin gantung yang kamu miliki di rumah mungkin mulai mengalami permasalahan yang membuatmu merasa tidak aman dan nyaman.

Terdapat beberapa hal yang ditakutkan oleh orang-orang yang memiliki kipas angin gantung di rumahnya, salah satunya kondisi kipas angin yang tampak bergoyang di setiap rotasi perputarannya.

Karena kipas angin gantung yang goyang atau goyah, itu terkadang menghasilkan suara yang cenderung berisik dan membuat pemiliknya merasa terganggu.

Baca juga: Cara Aman dan Efektif Membersihkan Kipas Angin Gantung

Jika kipas angin gantung yang kamu miliki sudah goyah dan menimbulkan suara berisik, itu menandakan bahwa kamu harus bersiap untuk memperbaikinya, agar kerja dari kipas anginmu bisa kembali normal seperti sediakala.

Dilansir beberapa sumber, Selasa (16/2/2021), erikut ini adalah beberapa cara untuk menyeimbangkan kipas angin gantung yang goyah dan menimbulkan suara yang mengganggu.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan

  • Tangga
  • Kain lap bersih
  • Obeng
  • Meteran
  • Klip penyeimbang bilah kipas angin gantung

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Kipas Angin Gantung yang Perlu Diketahui

Langkah 1: Bersihkan semua debu dari bilah kipas

Singkirkan debu pada setiap bilah kipasmu, yang mana ini bisa menjadi penyebab paling umum dari kipas angin gantung yang goyah.

Ketika kamu merasa hampir tidak pernah membersihkan kipas angin gantung karena sulit dijangkau, hal itu dapat menyebabkan penumpukan debu yang besar-besaran.

Debu mengendap secara tidak merata pada bilah, membuat beberapa lebih berat dari yang lain dan membuat seluruh bagian kipas angin gantung kehilangan keseimbangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com