Kompas.com - 16/02/2021, 16:18 WIB
Ilustrasi kipas angin gantung. SHUTTERSTOCK/BYJENGIlustrasi kipas angin gantung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama dan sering digunakan, kipas angin gantung yang kamu miliki di rumah mungkin mulai mengalami permasalahan yang membuatmu merasa tidak aman dan nyaman.

Terdapat beberapa hal yang ditakutkan oleh orang-orang yang memiliki kipas angin gantung di rumahnya, salah satunya kondisi kipas angin yang tampak bergoyang di setiap rotasi perputarannya.

Karena kipas angin gantung yang goyang atau goyah, itu terkadang menghasilkan suara yang cenderung berisik dan membuat pemiliknya merasa terganggu.

Baca juga: Cara Aman dan Efektif Membersihkan Kipas Angin Gantung

Jika kipas angin gantung yang kamu miliki sudah goyah dan menimbulkan suara berisik, itu menandakan bahwa kamu harus bersiap untuk memperbaikinya, agar kerja dari kipas anginmu bisa kembali normal seperti sediakala.

Dilansir beberapa sumber, Selasa (16/2/2021), erikut ini adalah beberapa cara untuk menyeimbangkan kipas angin gantung yang goyah dan menimbulkan suara yang mengganggu.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan

  • Tangga
  • Kain lap bersih
  • Obeng
  • Meteran
  • Klip penyeimbang bilah kipas angin gantung

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Kipas Angin Gantung yang Perlu Diketahui

Langkah 1: Bersihkan semua debu dari bilah kipas

Singkirkan debu pada setiap bilah kipasmu, yang mana ini bisa menjadi penyebab paling umum dari kipas angin gantung yang goyah.

Ketika kamu merasa hampir tidak pernah membersihkan kipas angin gantung karena sulit dijangkau, hal itu dapat menyebabkan penumpukan debu yang besar-besaran.

Debu mengendap secara tidak merata pada bilah, membuat beberapa lebih berat dari yang lain dan membuat seluruh bagian kipas angin gantung kehilangan keseimbangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X