Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Dekorasi Kamar Tidur agar Lebih Indah

Kompas.com - 16/02/2021, 19:46 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan pernah meremehkan kekuatan yang hadir pada kamar tidur yang ditata dengan baik, sehingga kamar tidurmu yang terasa tak tertata dengan baik layak mendapatkan perhatianmu sepenuhnya.

Kamar tidur menjadi ruangan untukmu menghabiskan waktu membaca dan bersantai, mengisi ulang tenaga dan merenungkan hari-hari kehidupan.

Sebuah kamar tidur harus menjadi tempat peristirahatan pribadi sekaligus tempat perlindungan, yang mengekspresikan warna, perasaan, dan koleksi favoritmu.

Baca juga: Ingin Pencahayaan Romantis di Kamar Tidur? Intip Tipsnya

Pelajari aturan utama yang harus diingat saat mendekorasi kamar tidurmu agar bisa membuatnya lebih indah, dilansir dari The Spruce, Selasa (16/2/2021).

1. Pilih warna halus

Alih-alih warna primer yang berani, pilih warna yang menenangkan dan palet warna monokromatik yang tenang. Ingat teori warna, warna lembut biru, lavender, atau hijau dianggap tenang dan tenteram.

Warna yang kaya warna permata membantu mengatur suasana kesenangan dan kenyamanan. Ini mungkin termasuk cokelat panggang, delima, atau topas.

Gunakan versi yang lebih lembut dari warna favoritmu di kamar tidur, itu mungkin seperti memilih ungu muda daripada ungu terong.

Baca juga: Kamar Tidur Kecil Bisa Nyaman Jika Menggunakan Cara Ini

2. Jangan abaikan plafon

Plafon atau langit-langit adalah dinding kelima dalam sebuah ruangan. Saat kamu berbaring di tempat tidur, apakah kamu melihat permukaan kosong yang hambar?

Tambahkan pola halus atau warna lembut. Warnai langit-langit dengan versi warna dinding yang sedikit lebih terang. Ini akan membantu menurunkan plafon secara visual dan memberi ruang perasaan nyaman dan keintiman.

Solusi lain adalah dengan membuat stensil atau wallpaper langit-langit, menambahkan elemen arsitektur dalam bentuk balok atau cetakan atau menggunakan perawatan cat dekoratif.

Untuk kemewahan tertinggi, plafon kamar tidur berdaun perak, kanopi atau tempat tidur tenda dengan balutan yang menggantung di langit-langit dapat menyelimutimu dalam sensualitas dan kehangatan sambil menambahkan tekstur, desain, dan warna pada langit-langit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com