Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2021, 18:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi penyegar udara, kini tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi yang sering digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Berbagai jenis tanaman bisa menjadi pilihan, dari yang merambat, berdaun lebar, hingga yang memiliki bentuk mini seperti kaktus.

Tak seperti tanaman pada umumnya, kaktus tidak memerlukan banyak penyiraman karena pada dasarnya kaktus hidup di tempat yang memiliki suhu panas, sehingga tidak memerlukan penyiraman yang terlalu sering.

 

Baca juga: Ingin Merawat Kaktus? Ini yang Harus Diperhatikan

Meskipun dianggap sebagai tanaman dengan tingkat perawatan minim, kaktus juga dapat dengan mudah mati jika dirawat tidak benar.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (16/2/2021), kematian kaktus kemungkinan besar disebabkan oleh atau terkait dengan kelembaban yang berlebih di sekitar akar. Meskipun faktor-faktor seperti penanaman terlalu dalam, suhu rendah, dan jamur pantogen juga berpotensi menimbulkan masalah bagi kaktus.

Terlalu banyak air atau drainase buruk

Tanah dengan drainase yang buruk, terutama jika dikombinasikan dengan penyiraman berlebihan, dapat dengan cepat membunuh kaktus atau membuatnya rentan terhadap invasi oleh patogen jamur yang terbawa tanah.

Kaktus membutuhkan tanah yang cepat kering, tetapi tanah dengan kandungan pasir yang terlalu tinggi tidak dapat mempertahankan kelembaban dan nutrisi yang cukup.

Baca juga: Mengenal Kaktus Tulang Ikan, Tanaman Hias yang Bakal Populer di 2021

Tanah pot yang diberi label untuk digunakan dengan sukulen atau pasir yang diubah dengan kompos yang sudah lapuk atau lumut gambut adalah pilihan yang depat tepat.

Pada penanaman luar ruangan, mengubah tanah sehingga mengandung hingga 25 persen batu apung meningkatkan drainase tanah.

Sebagai aturan umum, kaktus hanya membutuhkan penyiraman ketika tanah 2 hingga 3 inci di bawah permukaan tanah benar-benar kering, atau setiap dua minggu ketika kaktus tumbuh di tanah yang baik dan dikeringkan dengan baik.

Kedalaman tanam yang tidak tepat

Menanam kaktus terlalu dalam dapat menyebabkan kematiannya. Memposisikan kaktus pada kedalaman tanah yang sama dengan yang ditanam di pembibitan atau wadah sebelumnya sangat penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com