Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 15/06/2023, 15:56 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena kurang konsentrasi atau terburu-buru akan suatu hal, terkadang siapapun bisa lupa untuk menutup pintu kulkas yang mereka miliki di rumah, sehingga kulkas dalam keadaan terbuka cukup lama.

Setelah tersadar melihat pintu kulkas yang terbuka, mereka yang lupa menutupnya tentu akan merasa khawatir dan takut sesuatu terjadi pada kulkas mereka.

Mengenai hal satu ini, bisa jadi kamu juga ikut penasaran. Lantas apa yang akan terjadi jika pintu kulkas dibiarkan atau tidak sengaja terbuka lama?

Baca juga: Kulkas 1 Pintu atau 2 Pintu, Lebih Baik yang Mana?

 

Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, kulkas di dapur.

Dirangkum dari beberapa sumber, terdapat beberapa permasalahan yang bisa terjadi saat pintu kulkas terbuka cukup lama, berikut di antaranya.

1. Membuat lembap

Ketika pintu kulkas dibiarkan terbuka dan tidak dijaga, maka udara dari luar yang hangat akan bercampur dengan udara sejuk dari kulkas.

Akibatnya, seluruh bagian dalam kulkas akan menjadi lembap dan segala macam produk makanan, minuman, buah-buahan, sayur dan segala macam yang ada di dalam kulkas akan basah.

2. Boros energi

Karena sifat dari cara kerjanya, saat pintu kulkas ketutup maka kompresor kulkas akan mulai bekerja terus menerus karena sensor di kulkas akan sulit mencapai suhu dingin untuk melambat.

Baca juga: Perlukah Mematikan Kulkas dengan Mencabut Colokannya?

Pintu kulkas yang dibiarkan terbuka atau lupa ditutup bisa menambah 7 persen total pemakaian energi. Setiap kamu membuka kulkas, udara dingin yang menjaga makanan tetap segar, terpaksa keluar dan digantikan dengan udara hangat dari luar kulkas.

Kompresor kulkas pun harus mengendalikan udara hangat tersebut dan mengembalikan temperatur di dalam kulkas. Hal ini bukan hanya menambah biaya tagihan listrikmu, tetapi juga menganggu stabilitas lingkungan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com