Kompas.com - 07/12/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier. SHUTTERSTOCKIlustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya manusia, hewan peliharaan seperti anjing juga bisa mengalami obesitas, alias memiliki berat badan yang berlebihan.

Obesitas didefinisikan sebagai suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan dan penyimpanan lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin, (7/12/2020) para ahli mengungkapkan kalau sekitar 25-30 persen dari semua anjing di dunia diklasifikasikan mengalami obesitas.

Baca juga: Anjing Juga Bisa Mengalami Obesitas, Ini Penyebabnya

Obesitas sendiri berbeda dengan kegemukan. Dokter hewan mengklasifikasi anjing kegemukan dan obesitas berdasarkan berat badan idealnya.

Anjing bisa dikatakan kegemukan kalau berat badan mereka 10-20 persen lebih berat dari berat badan idealnya. Sementara, anjing yang obesitas memiliki berat badan lebih berat 20 persen ke atas dari berat badan idealnya.

Penting bagi pemilik anjing peliharaan untuk memerhatikan anjing yang mereka miliki obesitas atau tidak. Sebab, obesitas yang dialami anjing sangat membahayakan kesehatan dan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di bawah ini ada beragam macam ancaman kesehatan yang menghantui anjing obesitas, berikut di antaranya.

Baca juga: Cara Memotong Kuku Anjing yang Aman dan Nyaman

Nyeri sendi

Sebagai permulaan, anjing yang kelebihan berat badan hampir dijamin memiliki masalah persendian.

Berat badan berlebih meningkatkan tekanan pada tulang, menyebabkan peradangan kronis pada sendi. Oleh karena itu, obesitas juga dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena artritis alias nyeri sendi.

Masalah jantung

Seperti pengaruhnya terhadap manusia, obesitas juga dapat menyebabkan peningkatan risiko masalah jantung pada anjing.

Saat anjing mengalami kelebihan berat badan secara signifikan, jantung mereka harus bekerja lebih keras agar berfungsi secara efektif.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X