Kompas.com - 02/12/2020, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian banyak perangkat elektronik rumah tangga yang kamu miliki, kulkas menjadi salah satu barang yang selalu menyala tanpa henti jika listrik di rumahmu tidak padam.

Dari hal ini mungkin timbul pertanyaan bagimu, apakah perlu mematikan kulkas dengan mencabut colokannya agar kulkas dapat beristirahat serta menghemat listrik, khususnya bagi kamu yang ingin bepergian lama keluar rumah.

Mengenai hal tersebut, kamu sebenarnya tidak perlu mematikan kulkas dengan mencabut colokannya atau stekernya dari stop kontak.

Baca juga: Kulkas Berbunyi? Coba Cek Bagian Ini

Kulkas yang saat ini diciptakan saat ini memang diperuntukkan berfungsi setiap hari untuk menjaga kesegaran makanan, minuman dan lain sebagainya di dalamnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, (2/12/2020), mematikan kulkas dengan mencabut colokannya secara sembarangan bisa memberi dampak yang tidak baik bagi kulkas.

Apa yang terjadi saat kamu mencabut colokan kulkas?

Saat kamu mencabut colokan kulkas dan segera memasukkannya kembali ke stop kontak, tanpa disadari ini mungkin membuat kompresor menjadi tidak menyala. Hal ini biasanya disebabkan oleh akumulasi tekanan.

Kompresor pendingin sangat penting karena terletak di tengah siklus pendinginan. Segera memasukkan kembali colokan kulkas yang baru dicabut dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor.

Baca juga: Begini Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Jadi, jika kamu telah mencabut colokan kulkas dari stop kontak, hal terbaik untuk dilakukan adalah menunggu setidaknya 15 menit sebelum memasukkan colokannya kembali.

Namun, tidak ada salahnya membiarkan kulkasmu dicabut untuk waktu yang lebih lama. Tapi, saat kulkasmu dicabut itu bisa meningkat suhu sehingga kelembapan sulit terjaga.

Lingkungan ini cocok untuk bakteri dan mikroorganisme. Dengan demikian, bakteri mulai berkembang biak. Ini menjadi lebih buruk, terutama saat pintu kulkas ditutup. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan bau tak sedap di kulkas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.