Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2020, 20:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah menjadi prioritas bagi banyak orang, termasuk generasi milenial.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar memperoleh rumah yang sesuai dengan harapan dan anggaran.

 

Menurut Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat ingin membeli rumah.

Baca juga: Mau Punya Rumah? Ini 4 Hal yang Harus Dihindari

"Untuk para konsumen untuk hati-hati dalam membeli rumah, karena akan ada perjanjian terikat dengan developer (pengembang)," ujar Jahja dalam webinar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Jahja juga menyampaikan, lokasi menjadi poin utama sebelum memilih properti atau rumah yang akan dibeli karena hal itu memengaruhi harga yang ditawarkan.

"Hal pertama saat ingin membeli rumah yang dilihat adalah lokasi, lokasi, dan lokasi, seperti lokasinya dekat apa enggak sama keluarga, sama kantor, strategis atau enggak," jelasnya.

Poin berikutnya adalah harus melihat bagaimana rekam jejak pengembang. Sebab, ada juga developer yang setelah rumahnya jadi akan lepas tangan dan tidak mengurusnya lagi, lain halnya juga ada developer yang tetap mengembangkan perumahan tersebut jadi harga perumahannya semakin naik.

Baca juga: Milenial Bisa Punya Rumah, Begini Caranya

"Kan kita kalau beli rumah maunya jangan sampai properti itu turun harganya, haruslah naik," jelas Jahja.

Berbeda lagi dengan pembelian rumah second. Menurut Jahja, dalam pemilihan rumah second, konsumen haruslah sabar dan pintar-pintar melihat situasi.

"Konsumen second houses ini haruslah sabar dan melihat situasi dalam memilih rumah tersebut, hingga akhirnya mendapatkan rumah yang paling pas. Karena harga dari penjual dan pembeli berjarak jauh, dengan artian jika si konsumen pintar melihat situasi, bisa mendapatkan harga yang lebih murah," tutup Jahja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com