Mau Beli Rice Cooker? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 09/11/2020, 17:06 WIB
Ilustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker. SHUTTERSTOCK/HONGCHANSTUDIOIlustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian banyak merek dan tipe rice cooker yang dijual di pasaran, hal itu mungkin akan membuatmu kebingungan untuk memilih mana yang terbaik.

Bagi kamu yang berencana membeli rice cooker tapi bingung memilihnya tak perlu khawatir. Kali ini kita akan membahas hal penting apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kamu mantap untuk membeli rice cooker.

Berikut ini 4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli rice cooker, dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020). 

Baca juga: Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

Berapa banyak nasi yang ingin dimasak?

Hal penting dan pertama yang harus dipertimbangkan sebelum berbelanja rice cooker adalah menentukan ukuran rice cooker atau penanak nasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga.

Jika anggota keluargamu banyak, maka pilih rice cooker yang cukup untuk memasak nasi bagi mereka.

Jika anggota keluargamu sedikit atau kamu perlu rice cooker untuk dirimu sendiri, maka beli yang ukuran mini.

Jika kamu memilih rice cooker yang ukurannya terlalu besar, mereka biasanya sulit untuk memasak nasi dalam jumlah sedikit dengan baik. Selain itu, jika kamu menggunakan rice cooker yang lebih besar tapi hanya untuk memasak nasi yang sedikit, itu juga akan menghabiskan lebih banyak listrik.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Rice Cooker dan Magic Com

Pilih inner pot anti lengket yang aman dan sehat

Inner pot alias panci rice cooker harus terbuat dari bahan berkualitas, aman dan juga sehat. Material inner pot yang berkualitas akan membantu proses memasak dan menghangatkan nasi yang lebih cepat serta anti lengket.

Tedapat beragam bahan pilihan inner pot anti lengket seperti teflon, marble, diamond, keramik dan titanium.

Material berkualitas ini akan membuat permukaan inner pot tidak mudah lengket. Saat nasi dimasak, nasi dapat matang sempurna dan tidak lengket yang menyebabkan gosong.

Akan tetapi, panci rice cooker lebih baik terbuat dari logam yang kuat tanpa lapisan, bisa seperti stainless steel atau logam lain yang keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X