Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh 14 Tahun untuk Bersihkan Puing-puing di Gaza akibat Serangan Israel...

Kompas.com - 27/04/2024, 17:18 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

GAZA, KOMPAS.com - Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (26/4/2024) mengatakan, setidaknya dibutuhkan 14 tahun untuk membersihkan reruntuhan dalam jumlah besar di Jalur Gaza akibat perang Israel.

Melalui keterangan di Jenewa, seorang pejabat pada Layanan Pekerjaan Ranjau PBB, Pehr Lodhammar, mengatakan perang Hamas-Israel telah meninggalkan sekitar 37 juta ton puing di wilayah padat penduduk.

Serangan Israel dilaporkan telah menyebabkan sebanyak 70.000 rumah hancur dan 290.000 rumah lainnya rusak, sehingga tidak bisa dihuni.

Baca juga: Mahasiswa Paris Akhiri Demo Perang Gaza Usai Bentrokan di Jalanan

Sebagaimana dilansir Anadolu, banyak bangunan lain di Gaza juga terdampak serangan Israel, mencakup gedung pemerintah, rumah sakit, sekolah, masjid, gereja, dan situs bersejarah.

Israel seperti diketahui telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Serangan militer Israel telah mengubah sebagian besar wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu menjadi reruntuhan, menyebabkan sebagian besar warga sipil kehilangan tempat tinggal, kelaparan, dan berisiko terkena penyakit.

Sebabkan kematian 34.388 orang

Terpisah, Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas pada Sabtu (27/4/2024) melaporkan jumlah korban tewas di Gaza akibat serangan Israel bertambah menjadi setidaknya 34.388 orang.

Penghitungan tersebut mencakup setidaknya 32 kematian dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan di Gaza menyebut sedikitnya serangan Israel sejak Oktober lalu telah menyebabkan 77.437 orang terluka.

Baca juga: PBB: 282 Juta Orang di Dunia Kelaparan pada 2023, Terburuk Berada di Gaza

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com