Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Tolak Saran Paus Fransiskus, Tegaskan Tak Akan Menyerah kepada Rusia

Kompas.com - 10/03/2024, 22:14 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina pada Minggu (10/3/2024) mengecam seruan Paus Fransiskus untuk berunding dengan Rusia.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Sabtu (9/3/2024), Paus Fransiskus mengatakan bahwa Kyiv harus memiliki keberanian untuk mengibarkan bendera putih atau berunding dengan Rusia.

"Bendera kami adalah bendera kuning dan biru. Ini adalah bendera dimana kita hidup, mati, dan menang. Kami tidak akan pernah mengibarkan bendera lain," ujar Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di media sosial.  

Baca juga: Paus Fransiskus: Ukraina Harus Punya Keberanian Negosiasikan Perdamaian

Saat berperang dengan Rusia, Ukraina bersumpah untuk tidak menyerahkan wilayahnya.

Kuleba pun kemudian meminta Paus untuk berdiri "di pihak yang baik" dan tidak menempatkan pihak-pihak yang berlawanan pada posisi yang sama dan menyebutnya sebagai 'negosiasi'.

Dia juga tampaknya merujuk pada beberapa gereja Katolik yang berkolaborasi dengan pasukan Nazi selama Perang Dunia 2.

"Pada saat yang sama, ketika berbicara tentang bendera putih, kita tahu strategi Vatikan ini dari paruh pertama abad ke-20," kata Kuleba.

"Saya mendesak untuk tidak mengulangi kesalahan di masa lalu dan mendukung Ukraina dan rakyatnya dalam perjuangan mereka yang adil untuk hidup mereka," tambahnya, dikutip dari AFP.

Meski begitu, ia juga berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas "doa-doanya yang terus menerus untuk perdamaian" dan mengatakan bahwa Kyiv berharap Paus akan mengunjungi Ukraina. 

"Kami terus berharap bahwa setelah dua tahun perang yang menghancurkan di jantung Eropa, Paus akan menemukan kesempatan untuk melakukan kunjungan Apostolik ke Ukraina untuk mendukung lebih dari satu juta umat Katolik Ukraina, lebih dari lima juta umat Katolik-Yunani dan semua orang Ukraina," kata Kuleba.

Baca juga: Melihat dari Dekat Kejadian Langka Paus Sirip Terdampar di Selandia Baru...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com