Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Ini Iseng Lempar Koin ke Mesin Pesawat dan Berbuntut Panjang

Kompas.com - 09/03/2024, 11:37 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber CNN

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah penerbangan di China tertunda lebih dari empat jam setelah seorang penumpang dengan iseng melemparkan koin ke dalam mesin pada Rabu (6/3/2024) lalu.

Menurut situs pelacakan penerbangan Flightradar24 dan Flight Aware, penerbangan China Southern Airlines CZ8805 yang awalnya dijadwalkan lepas landas dari Sanya di China Selatan ke Beijing sekitar pukul 10.00 waktu setempat itu akhirnya baru berangkat sekitar pukul 14.16.

Dalam video yang dibagikan oleh beberapa media pemerintah China, CCTV, seorang pramugari terlihat menanyai seorang penumpang yang diyakini telah melempar koin tersebut.

Baca juga: Pria Ini Bertemu Pria Lain yang Sangat Mirip Dirinya di Pesawat, Ternyata Punya Nama Sama

Pramugari itu menanyakan berapa banyak koin yang dilemparkan ke dalam mesin.

Penumpang tersebut, yang identitasnya tidak diungkapkan dalam video atau oleh media pemerintah, terdengar di kamera mengucapkan 3-5 koin.

Berdasarkan informasi dari Chinese Southern Airlines, penumpang yang diduga telah melempar koin tersebut kemudian dibawa pergi oleh polisi bandara.

Maskapai tersebut mengatakan koin-koin itu ditemukan selama pemeriksaan keamanan, namun tidak merinci berapa banyak koin yang ditemukan.

“Staf pemeliharaan pesawat melakukan inspeksi keselamatan komprehensif dan memastikan bahwa tidak ada masalah keselamatan sebelum lepas landas,” kata layanan pelanggan maskapai tersebut kepada CCTV.

Kejadian di masa lalu

China Southern Airlines lantas mengeluarkan peringatan terhadap “perilaku tidak beradab” di akun resmi media sosial China mereka, Weibo, pada Rabu itu.

Baca juga: Giliran Belgia Kirim Pesawat untuk Jatuhkan Bantuan ke Gaza

"Melempar koin ke pesawat merupakan ancaman terhadap keselamatan penerbangan dan akan mengakibatkan tingkat hukuman yang berbeda,” ungkap mereka tanpa merujuk langsung pada kejadian tersebut.

Sementara itu, dilaporkan CNN, isiden orang-orang melemparkan koin ke pesawat pernah juga terjadi di masa lalu. Tampaknya hal itu dilakukan demi atau memiliki tujuan memperoleh “keberuntungan”.

Nyatanya, pada Oktober lalu, penerbangan China Southern Airlines mengalami penundaan di Guangzhou setelah seorang penumpang terlihat melemparkan koin ke arah pesawat.

Pada tahun 2021, penerbangan GX Airlines antara Weifang dan Haikou dibatalkan ketika beberapa koin yang dibungkus kertas merah ditemukan di tanah.

Pada tahun 2017, seorang penumpang lanjut usia melemparkan koin ke pesawat China Southern Airlines saat menaiki pesawat di Bandara Internasional Pudong Shanghai, dengan alasan bahwa itu adalah “doa untuk penerbangan yang aman”.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com