Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Pesimistis Gencatan Senjata di Gaza Tercapai Sebelum Ramadhan Ini

Kompas.com - 09/03/2024, 07:10 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (8/3/2024) memperingatkan bahwa akan sulit untuk mencapai gencatan senjata antara Israel dan Hamas sebelum bulan Ramadhan.

"Tampaknya akan sulit," kata Biden kepada para wartawan ketika ditanya apakah kesepakatan untuk menghentikan konflik yang telah berlangsung selama lima bulan ini dapat dicapai pada Ramadhan.

Ramadhan akan dimulai paling cepat pada Minggu (10/1/2024), tergantung pada penampakan hilal.

Baca juga: Biden Peringatkan Israel Tak Gunakan Isu Bantuan Kemanusiaan sebagai Alat Tawar-menawar

Biden lalu menyampaikan kekhawatiran tentang kemungkinan terjadinya kekerasan di Yerusalem timur menjelang Ramadan.

Sebelumnya, ia sempat memperingatkan situasi yang sangat berbahaya di Yerusalem jika tidak ada kesepakatan gencatan senjata di Gaza pada bulan Ramadhan.

"Kita masuk ke dalam situasi di mana hal ini terus berlanjut hingga Ramadan, Israel dan Yerusalem bisa menjadi sangat, sangat berbahaya," kata Biden pada Selasa (5/3/2024).

Terpisah, sayap bersenjata Hamas pada Jumat mendesak para pendukungnya untuk bergerak menuju kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur, yang merupakan titik rawan kekerasan selama bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya.

Mereka juga mengatakan tidak akan ada kompromi terhadap tuntutan Hamas agar Israel menarik diri dari Gaza untuk mengamankan pembebasan para sandera yang disandera oleh Hamas.

Perang Israel-Hamas dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina ke Israel selatan pada tanggal 7 Oktober. Israel kemudian membalas.

Baca juga:

Serangan Israel dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan di Gaza, telah menewaskan 30.800 orang lebih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com