Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS 2024: Trump Menang Mudah dalam “Super Tuesday”, Kian Dekat Tantang Biden

Kompas.com - 06/03/2024, 13:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Donald Trump menang mudah dalam “Super Tuesday” yang membuatnya kian dekat menjadi calon presiden resmi dari Partai Republik.

"Super Tuesday" adalah hari pemungutan suara terbesar dalam siklus pemilihan pendahuluan, dengan kontes di 15 negara bagian dan satu teritori.

Secara historis “Super Tuesday” adalan momen menentukan dalam perebutan nominasi calon presiden.  

Baca juga: Trump Jawab Ya Saat Ditanya Apakah Berada di Kubu Israel dalam Perang di Gaza

Seperti diberitakan AFP, Donald Trump memenangkan 12 pemilihan pendahuluan pertama di negara-negara bagian "Super Tuesday", termasuk Texas dan California.

Pemilihan pendahuluan di Alabama, Arkansas, Colorado, California, Maine, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Oklahoma, Tennessee, Texas, dan Virginia disebut oleh jaringan AS dimenangkan oleh Trump.

Donald Trump lalu menyampaikan terima kasih di situs Truth Social-nya ketika penghitungan berlanjut di negara-negara bagian Super Tuesday lainnya di seluruh negeri.

Penantang utamanya, mantan duta besar PBB Nikki Haley, menang tipis di negara bagian timur laut, Vermont. Sejauh ini dia menolak untuk keluar dari persaingan.

Di kubu sebelah, dalam kontes nominasi Partai Demokrat, seperti yang diperkirakan, Biden memenangkan semua dari 14 negara bagian yang diproyeksikan oleh jaringan AS.

Ia diproyeksikan kalah dari penantang yang tidak terlalu dikenal, Jason Palmer, di wilayah kecil di Samudra Pasifik, Samoa Amerika.

Rata-rata jajak pendapat dari RealClearPolitics menunjukkan Trump unggul dua poin dari Biden dalam pertarungan satu lawan satu pada pemilu November mendatang.

Baca juga: Pilpres AS 2024: Nikki Haley Menang Primary Washington DC, Rentetan Kemenangan Trump Terhenti

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com