Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Jatuhkan 38 Drone Shahed Iran yang Diluncurkan Rusia

Kompas.com - 06/03/2024, 17:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Sistem pertahanan udara Ukraina pada Rabu (6/3/2024) mencegat 38 drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan oleh pasukan Rusia, menyebabkan tujuh orang luka-luka.

Pertahanan udara adalah salah satu permintaan Ukraina kepada para sekutunya di Barat untuk menangkis serangan sistematis Rusia.

“Sebagai hasil dari operasi tempur, 38 Shahed ditembak jatuh,” kata Angkatan Udara Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Ukraina Klaim Hancurkan Kapal Patroli Militer Rusia di Laut Hitam

Mereka menambahkan bahwa drone-drone tersebut diluncurkan dari wilayah perbatasan Rusia dan semenanjung Crimea yang dianeksasi Moskwa.

Jaksa Agung Ukraina mengatakan, tujuh orang termasuk seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun terluka dalam serangan semalam di wilayah Sumy, Ukraina timur.

Baca juga:

Sementara itu, ofisial di wilayah Odessa, Ukraina selatan, mengatakan bahwa fasilitas rekreasi, pipa gas, dan bangunan tempat tinggal rusak akibat puing-puing drone yang jatuh.

Di wilayah Khmelnytsky, otoritas setempat menyampaikan bahwa sebuah obyek infrastruktur rusak dan beberapa warga kehilangan aliran listrik.

Baca juga: Kremlin: Bocornya Rekaman Militer Jerman Jadi Bukti Barat Terlibat Langsung di Ukraina 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com