Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina Mulai Tur Negara Baltik, Lituania Jadi Tujuan Pertama

Kompas.com - 10/01/2024, 17:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

VILNIUS, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (10/1/2024) pagi waktu setempat tiba di ibu kota Lituania, tujuan pertama dari kunjungan mendadak ke negara-negara Baltik.

Ketiga negara Baltik yaitu Lituania, Estonia, dan Latvia---semuanya negara pecahan Uni Soviet dan anggota Uni Eropa (UE) serta NATO--adalah sekutu paling setia Ukraina.

“Estonia, Latvia, dan Lituania adalah teman terpercaya dan mitra berprinsip kami. Hari ini, saya tiba di Vilnius sebelum berangkat ke Tallinn dan Riga,” kata Zelensky di platform media sosial X, sebelumnya bernama Twitter.

Baca juga: Rusia Disebut Pakai Senjata Korea Utara di Ukraina pada 30 Desember dan 2 Januari

“Keamanan, integrasi UE dan NATO, kerja sama dalam peperangan elektronik dan drone, serta koordinasi lebih lanjut atas dukungan Eropa semuanya ada dalam agenda,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Tur Baltik ini adalah perjalanan resmi pertama Zelensky ke luar negeri pada 2024.

Di Lituania, salah satu negara donor utama Ukraina, Zelensky akan berbicara dengan presiden, perdana menteri dan ketua parlemen, serta bertemu beberapa warga Ukraina.

Kunjungannya terjadi ketika para sekutu Kyiv lainnya ragu-ragu memberikan bantuan baru dalam perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung hampir dua tahun.

Baca juga:

Rusia menyerang Ukraina secara intensif dalam beberapa pekan terakhir, dan Kyiv membalasnya dengan menggempur Kota Belgorod di perbatasan kedua negara.

Zelensky mendesak para sekutunya terus memberikan dukungan militer. Ia juga berbicara langsung dengan para pejabat dari Amerika Serikat, Jerman, dan Norwegia bulan lalu.

Namun, paket bantuan Uni Eropa senilai 50 miliar euro (Rp 851,7 triliun) tak kunjung cair karena diveto Hongaria, sedangkan Kongres AS masih terpecah mengenai pengiriman bantuan baru ke Ukraina.

Baca juga: Para Istri Pria Rusia yang Dimobilisasi ke Ukraina Demo di Kremlin, Tuntut Suami Dipulangkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com