Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Anggota BTS Akan Memulai Wajib Militer Pertengahan Desember

Kompas.com - 30/11/2023, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

SEOUL, KOMPAS.com - Empat anggota yang tersisa dari supergrup KPop BTS akan memulai wajib militer pada pertengahan Desember.

Mereka akaan bergabung dengan tiga anggota yang telah menjalani wajib militer, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan pada Rabu (29/11/2023), mengutip sumber-sumber dari industri musik.

Grup beranggotakan tujuh orang ini sedang dalam masa rehat sementara para anggotanya melaksanakan wajib militer Korea Selatan.

Baca juga: Jambore Pramuka Dunia Coreng Korsel, BTS Diminta Konser untuk Peserta

Dilansir dari CNA, Korea Selatan memiliki salah satu tentara aktif terbesar di dunia untuk mempertahankan diri dari Korea Utara, dengan semua pria berbadan sehat berusia antara 18 dan 28 tahun diwajibkan menjalani wajib militer antara 18 dan 21 bulan.

Namun, ada perdebatan publik mengenai apakah anggota BTS harus diberikan pengecualian mengingat kontribusi mereka terhadap industri KPop yang menguntungkan.

Rapper dan leader utama grup, RM, serta vokalis V akan mendaftar pada 11 Desember, sementara Jimin dan Jung Kook akan menyusul keesokan harinya, Yonhap melaporkan.

Setelah pelatihan awal, keempat anggota BTS akan menjalani wajib militer selama 18 bulan, menurut laporan lain dari media hiburan Star News.

Agensi manajemen BTS, HYBE, yang telah mengatakan bahwa keempatnya telah memulai proses pendaftaran, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Awal bulan ini, Jung Kook mengumumkan dalam sebuah postingan blog bahwa ia akan menjalani wajib militer pada bulan Desember.

Baca juga: Korea Selatan Peringati 10 Tahun BTS, Tarik Penggemar Seluruh Dunia

Jin, 30 tahun, anggota tertua dalam grup, akan keluar dari wajib militer pada bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com