Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Peringati 10 Tahun BTS, Tarik Penggemar Seluruh Dunia

Kompas.com - 13/06/2023, 13:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Penggemar megabintang KPop BTS berbondong-bondong, berkumpul di sekitar Seoul pada hari Senin (12/6/2023) untuk menandai peringatan 10 tahun grup super tersebut.

Korea Selatan bahkan telah meluncurkan seri prangko peringatan khusus untuk merayakannya.

Para penggemar grup yang secara kolektif dikenal sebagai ARMY, berkumpul di luar kantor agensi HYBE untuk berfoto selfie dan merekam video TikTok di depan mural besar bintang-bintang KPop yang dilukis di dinding.

Baca juga: Terobsesi Beli Pernak-pernik BTS, Remaja Ini Curi Rp 558 Juta dari Bisnis Keluarga

"Jelas BTS adalah superstar global, tapi kami tidak menyangka prangkonya akan terjual habis pada hari perilisan online," kata seorang pejabat Korea Post kepada AFP.

Setelah memulai debutnya pada 13 Juni 2013, grup ini menjadi artis Korea Selatan pertama yang mendominasi tangga lagu AS dan Inggris, meraup miliaran dollar dan membangun fandom global dalam prosesnya.

"Banyak penggemar ARMY BTS telah meminta stempel BTS dirilis, dan kami juga ingin mengeluarkan stempel untuk artis global ini untuk peringatan 10 tahun mereka," kata Kim Mi-hwa, desainer stempel Korea Post.

BTS sendiri saat ini dalam masa hiatus, dengan dua anggota melakukan wajib militer Korea Selatan. Namun mereka merilis single digital baru minggu lalu untuk merayakan hari jadi.

Fans dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk merayakan ulang tahun tersebut, dengan pemerintah kota Seoul menjalankan program khusus untuk para pengunjung.

"Sangat menyenangkan berada di sini. Sangat menyenangkan dikelilingi oleh ARMY lainnya," kata ilmuwan Anne Micic, 55, seorang penggemar BTS dari Australia.

"Aku pikir itu hal lain, bahwa sebagai ARMY ketika kamu bertemu dengan ARMY lain hampir seperti kamu memiliki keluarga lain, yang sangat luar biasa," tambahhya.

Baca juga: BTS Gelar Konser Gratis Demi Dukung Korsel jadi Tuan Rumah World Expo 2030

Peta khusus bahkan dirilis oleh pemerintah kota untuk para penggemar yang berkunjung dari luar negeri menampilkan 13 lokasi di seluruh ibu kota Korea Selatan.

Peta termasuk kantor agensi HYBE di Yongsan dan Istana Gyeongbok yang bersejarah, tempat BTS memfilmkan edisi khusus Tonight Show bersama Jimmy Fallon.

Fans mengatakan perjalanan sejauh ini layak dilakukan untuk menghormati band favorit mereka.

Baca juga: 4 Sosok Ini Berani Kritik BTS dan Langsung Diserang ARMY

"BTS benar-benar menyelamatkan hidup saya," kata Claudia Agustin, 23 tahun, seorang penggemar dari Indonesia yang bekerja di bidang akuntansi.

Dia menambahkan bahwa lirik BTS telah berbicara kepadanya selama masa-masa sulit dalam hidupnya.

Baca juga: Tanpa Warisan Abadi Seo Taiji, Kpop dan BTS Tak Akan Pernah Ada

"Saya sangat, sangat bangga atas peringatan 10 tahun grup BTS," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com