Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival "Indonesia by the Harbour" Memukau Warga Sydney

Kompas.com - 28/11/2023, 22:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney menggelar festival Indonesia by the Harbour pada Sabtu (25/11/2023).

Fertival tersebut diadakan di Circular Quay di jantung Kota Sydney.

Dengan hadirnya festival Indonesia by the Harbor, kawasan ikonik dan tujuan utama para turis mancanegara itu pun menjadi semakin ramai dan meriah.

Baca juga: St. Mary College Australia Selami Kekayaan Budaya Indonesia Bersama KJRI Sydney

KJRI Sydney tidak sendirian dalam menggelar festival tersebut, melainkan berkolaborasi dengan banyak pihak. 

Ini termasuk, Garuda Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Indonesia (BI) Beijing, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Sydney, Pusat Promosi Investasi Indonesia (IIPC) Sydney, dan event organizer Bespok3.

KJRI Sydney menyebut, festival tersebut menjadi yang pertama kali diadakan oleh Indonesia di lokasi strategis berlatar belakang landmark ikonik Sydney, yaitu Opera House dan Harbour Bridge.

Festival Indonesia by the Harbour akhir pekan lalu menampilkan ragam budaya Indonesia, mulai dari tarian Nusantara, pertunjukan musik tradisional, hingga pertunjukkan silat dan peragaan busana.

Acara ini semakin istimewa dengan penampilan aktris Indonesia Acha Septriasa, Melody Septania, dan Acha Sinaga yang kini bermukim di Australia. Mereka bertiga turut serta dalam peragaan busana Batik Chic.

Keanggunan dan pesona Acha Septriasa, Melodi Septania, dan Acha Sinaga dalam memperagakan busana batik bukan hanya memeriahkan festival, tetapi juga berhasil menarik perhatian warga Australia akan keindahan dan kekayaan wastra Indonesia.

Keikutsertaan mereka dalam festival ini memperkuat pesan bahwa diaspora Indonesia memiliki peran penting dalam mempromosikan budaya dan seni Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Pertama Kalinya Pencak Silat Diperkenalkan pada Murid Australia Lewat Program KJRI Sydney

Dalam keterangan tertulis, KJRI Sydney menjabarkan, meriahnya festival Indonesia by the Harbour dapat terlihat dari kehadiran sekitar 4.000 pengunjung dari warga Australia maupun diaspora Indonesia.

Festival ini juga memanjakan lidah dengan sajian kuliner khas Indonesia seperti nasi bungkus, cendol, batagor, dan mi kocok, yang pada akhirnya bisa mengobati kerinduan warga dan diaspora Indonesia yang hadir.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney menggelar festival Indonesia by the Harbour pada Sabtu (25/11/2023). Fertival tersebut diadakan di Circular Quay di jantung Kota Sydney.KJRI Sydney Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney menggelar festival Indonesia by the Harbour pada Sabtu (25/11/2023). Fertival tersebut diadakan di Circular Quay di jantung Kota Sydney.

Nuansa tradisi yang kental mewarnai pembukaan Festival Indonesia by the Harbour.

Acara dibuka dengan “Welcome to Country” oleh Elder Gumaroy Newman, yaitu upacara tradisional Australia untuk menyambut pengunjung ke tanah leluhurnya.

Elder Gumaroy melakukan smoke ceremony atau upacara asap dengan membakar tumbuhan lokal yang dipilih secara khusus dan dipercaya memiliki sifat pembersihan dan penyembuhan.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com