Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Sebut 14 Sandera Lagi Akan Dibebaskan Hamas Hari Ini

Kompas.com - 25/11/2023, 16:46 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Pihak berwenang Israel mengatakan bahwa 14 sandera yang ditahan di Jalur Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober lalu akan dibebaskan pada hari ini, Sabtu (25/11/2023).

Sementara, Israel akan membebaskan 42 tahanan Palestina pada hari kedua kesepakatan gencatan senjata perang Israel-Hamas ini.

Otoritas penjara Israel mengatakan, 42 tahanan, baik pria maupun perempuan, akan dibebaskan di bawah ketentuan perjanjian, yang mengamanatkan pertukaran dengan rasio tiga banding satu.

Baca juga: Hamas Bebaskan 24 Sandera Israel di Hari Pertama Gencatan Senjata

Sebagaimana dikutip dari AFP, sumber resmi Israel mengatakan akan ada 14 sandera yang akan diserahkan oleh Hamas.

Pembebasan sandera pertama

Sebelumnya, sebanyak 24 sandera yang terdiri 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan satu warga Filipina telah diserahkan oleh Hamas ke Palang Merah Internasional di Gaza pada Jumat (24/11/2023).

“Mereka yang dibebaskan termasuk 13 warga negara Israel, beberapa di antaranya berkewarganegaraan ganda, selain 10 warga negara Thailand, dan satu warga negara Filipina,” tulis Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed Al Ansari di X.

Qatar telah memimpin perundingan intensif selama berminggu-minggu terkait perang Israel-Hamas.

Mereka berkoordinasi dengan AS dan Mesir untuk mencapai kesepakatan mengenai pembebasan 50 sandera sipil dari Gaza sebagai imbalan atas pembebasan tahanan Palestina, gencatan senjata empat hari, dan akses terhadap bantuan kemanusiaan.

Baca juga: Hamas Bebaskan 13 Warga Israel, 10 Warga Thailand, dan 1 Warga Filipina

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com