Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tegaskan Tidak Pernah Membantu Hamas Menyerang Israel

Kompas.com - 10/10/2023, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com - Para pejabat Iran pada Minggu (8/10/2023) membantah bahwa mereka memiliki kaitan dengan serangan kelompok Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir pekan ini di Israel.

Bantahan dilontarkan meskipun misi negara itu di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan pernyataan yang mendukung serangan dan Hamas yang melakukannya.

"Kami dengan tegas mendukung Palestina, namun, kami tidak terlibat dalam respons Palestina, karena hal ini dilakukan oleh Palestina sendiri," kata pernyataan tersebut.

Baca juga: Aktivis Perempuan Iran Narges Mohammadi Dianugerahi Nobel Perdamaian 2023

"Langkah-langkah tegas yang diambil Palestina merupakan pembelaan yang sepenuhnya sah terhadap tujuh dekade pendudukan yang menindas dan kejahatan keji yang dilakukan oleh rezim Zionis yang tidak sah," tambahnya.

Dilansir dari Daily Beast, sebelumnya, para pemimpin senior Hamas dan Hezbollah, kelompok Lebanon yang didukung Iran, mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa para perwira dari Korps Garda Revolusi Islam Iran membantu merencanakan serangan tersebut dalam serangkaian pertemuan di Beirut.

Para pejabat IRGC bahkan disebut memberikan lampu hijau untuk penyerangan tersebut.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-588 Serangan Rusia ke Ukraina: Peluru Sitaan dari Iran | Reporter Dipenjara

Para pejabat intelijen AS mengatakan bahwa mereka tidak dapat menguatkan laporan tentang keterlibatan Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com