Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Jinakkan 30 Bom di Teheran dan Tahan 28 Orang Terkait ISIS

Kompas.com - 24/09/2023, 20:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

TEHERAN, KOMPAS.com - Pihak berwenang di Iran telah menjinakkan 30 bom yang dimaksudkan untuk meledak secara bersamaan di Teheran dan menahan 28 teroris yang terkait dengan ISIS.

Hal tersebut dilaporkan oleh Kantor berita Iran Tasnim pada Minggu (24/9/2023), dengan mengutip informasi dari Kementerian Intelijen Iran.

"Beberapa anggota ISIS dan para pelaku memiliki sejarah berafiliasi dengan kelompok-kelompok Takfiri di Suriah, Afghanistan, Pakistan, dan wilayah Kurdistan di Irak," kata Kementerian Intelijen Iran dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Baca juga: Perempuan Iran Terancam Dipenjara 10 Tahun jika Dianggap Berpakaian Tak Pantas

Kelompok militan tersebut telah mengeklaim beberapa serangan di Iran.

Itu termasuk pengeboman kembar mematikan pada 2017 yang menargetkan parlemen Iran dan makam pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

Baru-baru ini, ISIS mengeklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah tempat suci Syiah pada bulan Oktober lalu, yang menewaskan 15 orang di kota barat daya Shiraz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com