Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Minta Konflik Palestina-Israel Segera Diakhiri

Kompas.com - 08/10/2023, 16:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia pada Minggu (8/10/2023) meminta konflik Israel-Palestina segera diakhiri untuk menghindari korban jiwa lebih lanjut.

"Indonesia sangat prihatin dengan meningkatnya eskalasi konflik antara Palestina-Israel. Indonesia mendesak agar tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia," tulis Kemenlu RI di media sosial X, sebelumnya bernama Twitter.

"Akar konflik tersebut, yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus diselesaikan, sesuai parameter yang sudah disepakati PBB," lanjutnya.

Baca juga: Video Angkatan Udara Israel Serang Militan Hamas

Dikutip dari kantor berita AFP, Indonesia mengatakan bahwa pihaknya tidak tertarik membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Indonesia juga konsisten menyuarakan dukungan agar Palestina memperoleh kemerdekaan.

Lebih dari 200 warga Israel tewas dalam serangan mendadak skala besar yang dilakukan milisi Hamas pada Sabtu (7/10/2023), kata militer Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji menghancurkan tempat persembunyian Hamas di Gaza menjadi puing-puing.

Baca juga:

Adapun serangan udara Israel yang intens di Gaza menewaskan sedikitnya 232 warga Palestina, kata pihak berwenang di daerah kantong tersebut.

Ini adalah eskalasi konflik Israel-Hamas dengan jumlah korban terbanyak dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas akibat Serangan Hamas di Israel Capai 250 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com