Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Siapkan Dana Lewat Kedutaan untuk Bela Hak-hak LGBTQ

Kompas.com - 19/09/2023, 06:13 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis pada Senin (19/9/2023) mengatakan, akan menyiapkan dana melalui kedutaan-kedutaan besar mereka untuk mempromosikan hak-hak kelompok LGBTQ.

Perancis mengungkapkan hal tersebut saat bertemu dengan negara-negara yang memiliki pandangan sama di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna menyampaikan pengumuman itu pada perayaan ulang tahun ke-15 sebuah kelompok LGBTQ di PBB pada awal Sidang Umum tahunan.

Baca juga: Malaysia Ambil Sikap Tegas Pasca-aksi Ciuman Pro-LGBT The 1975

"Dana sebesar 2 juta euro (sekitar Rp32,8 miliar) akan digunakan untuk kedutaan-kedutaan besar kami guna mendukung mereka yang membela hak-hak LGBTQ setiap hari di seluruh dunia, yang terkadang membahayakan nyawa mereka," ujar Juru bicara Kementerian Luar Negeri Perancis Anne-Claire Legendre, dikutip dari AFP.

Perancis pada tahun lalu menjadi salah satu dari sejumlah kecil negara yang menunjuk duta besar yang didedikasikan untuk hak-hak LGBTQ.

Di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden telah mengidentifikasi hak-hak LGBTQ sebagai prioritas diplomatik utama, dengan pemerintahannya menunjuk seorang utusan setelah menjabat pada tahun 2021.

Baca juga: UU Anti-LGBT Baru Uganda, Homoseksual Bisa Dihukum Mati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com