Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Maroko: Aljazair Buka Wilayah Udara untuk Bantuan meski Tak Ada Hubungan Diplomatik

Kompas.com - 10/09/2023, 19:59 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ALGIERS, KOMPAS.com - Aljazair akan mengizinkan pesawat pembawa bantuan korban gempa Maroko untuk melewati wilayah udaranya meski tak ada hubungan diplomatik.

Kantor kepresidenan Aljazair pada Sabtu (9/9/2023) juga mengumumkan, larangan dua tahun penerbangan ke negara rival regionalnya tersebut akan ditangguhkan.

Gempa bermagnitudo 6,8 mengguncang daerah pegunungan di kawasan wisata Marrakesh pada Jumat (8/9/2023) malam, menewaskan lebih dari 2.000 orang dan melukai sedikitnya 2.000 korban lainnya. Kerusakan terjadi secara luas.

Baca juga: Korban Selamat Gempa Maroko Kekurangan Makanan dan Air

"(Aljazair) memutuskan untuk membuka wilayah udara bagi penerbangan yang mengangkut bantuan kemanusiaan dan korban luka (gempa Maroko)," kata kantor kepresidenan, dikutip dari AFP.

Aljazair menutup wilayah udara untuk semua pesawat Maroko sejak September 2021 setelah memutuskan hubungan diplomatik dengan negara rival lamanya itu.

Baca juga:

“(Aljazair) sepenuhnya siap memberikan bantuan kemanusiaan dan memobilisasi semua material serta sumber daya manusia dalam solidaritas dengan saudara-saudara Maroko atas permintaan Kerajaan Maroko,” lanjutnya.

Dalam pernyataan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Aljazair menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Maroko atas para korban gempa.

Baca juga: KBRI Rabat Pastikan Seluruh WNI Selamat dari Gempa Maroko, Termasuk 70 Peserta Konferensi UNESCO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com