Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Sebenarnya Proses "Body Checking" di Kontes Kecantikan?

Kompas.com - 10/08/2023, 18:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam orang kontestan Miss Universe Indonesia sudah mengajukan laporan tuduhan pelecehan seksual kepada Polda Metro Jaya.

Dalam laporan tersebut, dinyatakan bagaimana pihak penyelenggara meminta kontestan untuk hanya mengenakan celana dalam untuk kegiatan body checking dalam ruangan berisi 20 orang, termasuk di antaranya pria.

Kuasa Hukum pelapor, Mellisa Anggraini, mengatakan lima kontestan difoto tanpa mengenakan atasan.

Baca juga: Miss USA 2019 Tewas Bunuh Diri, Penyelenggara Kontes Itu dan Miss Universe Syok

Menurut pernyataan Mellisa, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia, PT Capella Swastika Karya, menegaskan bahwa mereka harus "memeriksa luka, selulit atau tato pada tubuh" para kontestan.

"Saat sebelum body checking itu dilakukan, para peserta hanya tahu kalau mereka akan fitting," ujar Mellisa.

Dalam pernyataannya pada Selasa (8/8/2023), Miss Universe Indonesia mengatakan bahwa pihaknya tengah memeriksa kasus ini.

"Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami yang kami ketahui dari media massa," bunyi pernyataannya.

"Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan ini agar menjadi terang dan jelas kebenarannya."

Pengalaman body checking tahun sebelumnya

Menurut pengalaman Puteri Indonesia 2022 dan Miss Universe Indonesia 2022 Laksmi DeNeefe Suardana, prosedur body checking yang dilaluinya tahun lalu berbeda dengan yang terjadi tahun ini.

Tahun ini, Puteri Indonesia sudah tidak berkaitan dengan Miss Universe, dengan adanya organisasi baru bernama Miss Universe Indonesia.

"Prosedur body checking (di Puteri Indonesia) memang ada, tapi di ruangan tertutup, dengan hanya dua juri perempuan dan kita tetap memakai busana," katanya.

"Body checking is simply untuk memperlihatkan kebugaran kita atau mungkin mengecek kalau kontestannya ada tato atau modifikasi tubuh."

Laksmi juga mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan di ruangan yang tanpa CCTV, tidak difoto, apalagi tanpa busana.

Laksmi menambahkan, dirinya sudah memberikan consent atau persetujuan untuk melakukan prosedur body checking Puteri Indonesia ini.

"Kita cuma pakai bikini, mungkin diminta untuk jalan sedikit, karena tujuannya untuk sesi bikini di ajang internasional juga," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com