Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Anwar Ibrahim: Tesla Bangun Kantor Pusat di Malaysia Tahun Ini

Kompas.com - 14/07/2023, 14:53 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim pada Jumat (14/7/2023) mengaku telah mengadakan pertemuan virtual dengan Elon Musk mengenai investasi produsen mobil listrik Tesla di negaranya.

Dia menyatakan, Tesla akan membuka kantor pusat, pusat layanan, dan showrooms di negara bagian Selangor pada tahun ini.

"Saya menyambut baik minat dan keputusan investasi perusahaan ini di Malaysia dan juga kesediaan Elon Musk untuk datang ke Malaysia," ujarnya dalam sebuah pernyataan setelah melakukan konferensi video selama 25 menit.

Baca juga: Penggerebekan Tempat Hiburan Malaysia, 6 Polisi Ditangkap Sedang Bersama Perempuan Indonesia

Pada Maret lalu, Malaysia telah menyetujui permintaan Tesla untuk mengimpor kendaraan listrik bertenaga baterai ke "Negeri Jiran".

"Malaysia akan terus memperkuat komitmennya untuk mencapai emisi karbon nol bersih atau 'net-zero emission' pada awal tahun 2050," kata Anwar yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Malaysia, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

Dia mengaku dirinya juga telah meminta bantuan perusahaan penerbangan luar angkasa milik Musk, SpaceX, untuk menyediakan layanan internet berbiaya rendah di Malaysia, terutama di daerah pedesaan, melalui satelit Starlink.

"Inisiatif ini akan meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat, terutama dari aspek pendidikan dan potensi teknologi pertanian serta peningkatan pendapatan," kata Anwar Ibrahim.

Baca juga: Bus Pariwisata Kecelakaan di Malaysia, 1 WNI Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com