Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Malaysia Anwar Ibrahim Dikritik Boros karena "Open House" di 5 Negara Bagian

Kompas.com - 25/04/2023, 16:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MACHANG, KOMPAS.com - Anggota Parlemen Malaysia untuk Kota Machang, Wan Ahmad Fayshal, mengkritik kegiatan open house yang dilakukan Perdana Menteri Anwar Ibrahim mubazir.

Menurutnya, uang untuk open house itu adalah pemborosan dan lebih baik disalurkan kepada rakyat.

Anwar Ibrahim pada Senin (24/4/2023) mengumumkan di laman Facebook-nya bahwa ia mengadakan open house di lima negara bagian. Kegiatan ini dinamakan Rumah Terbuka Malaysia Madani.

Baca juga: UMNO Ajukan Grasi Najib Razak, Bagaimana Posisi Anwar Ibrahim?

Sebagian kalangan menuding ini sebagai langkah politik karena tiga negara bagian dikuasai oposisi, tetapi Anwar membantahnya.

Sementara itu di Twitter, Wan Fayhsal mengatakan bahwa open house Anwar bukanlah Madani melainkan “Syatin” atau setan, mengacu pada sifat boros yang dianggap salah satu ciri setan dalam Islam.

Ia pun melampirkan artikel berita Anwar Ibrahim yang mendesak orang-orang berhenti menghabiskan banyak uang untuk acara-acara besar.

Baca juga:

“Mubazzirin (boros). Dana tersebut harusnya disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri kepada masyarakat di tiga negara bagian. Sayangnya, ternyata tidak," tegas anggota parlemen Perikatan Nasional itu, dikutip dari World of Buzz pada Minggu (23/4/2023).

“Kalau tidak mau menyalurkan dana ke anggota parlemen oposisi, paling tidak salurkan ke Petugas Distrik. Yang penting adalah orang yang membutuhkan akan mendapatkannya. Ini bukan MADANI, ini SAYATIN,” lanjutnya.

Di akhir twitnya, Wan Fayhsal menambahkan tagar #CakapTakSerupaBikin yang menuding Anwar Ibrahim tidak bertindak seperti perkataannya.

Baca juga: PM Anwar Ibrahim: 10 Perusahaan Besar Malaysia Tertarik Investasi di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com