Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank Abrams AS Tiba di Jerman Mei, Tentara Ukraina Segera Dilatih

Kompas.com - 22/04/2023, 19:45 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tank-tank Abrams M1A1 buatan AS akan tiba di Jerman bulan Mei, dan militer Ukraina akan memulai pelatihan menggunakannya segera setelah itu, kata para pejabat militer senior.

31 tank Abram akan tiba di sebuah pangkalan di Grafenwohr, Jerman, bulan depan, militer tentara Ukraina dapat memulai kursus 10 pekan mengenai cara mengoperasikan tank tersebut.

Pelatihan tambahan dan kursus pemeliharaannya akan diadakan di Grafenwohr atau di pangkalan lainnya di Hohenfels, Jerman, kata para pejabat.

Baca juga: Denmark dan Belanda Janji Kirim 14 Tank Leopard 2 ke Ukraina

Pelatihan yang dipimpin AS itu akan melibatkan 250 orang Ukraina. Para pejabat mengatakan tank-tank Abram itu akan dikirim ke Ukraina pada akhir tahun ini.

Berita ini tiba sementara Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyelenggarakan pertemuan lain dari Kelompok Kontak Pertahanan Jerman pada Jumat (20/4/2023).

Dalam pertemuan itu, para pemimpin militer dari 50 lebih negara memusatkan perhatian mereka pada kebutuhan persenjataan, pertahanan udara dan amunisi.

Baca juga: Spanyol Akan Kirim 6 Tank Leopard ke Ukraina

Austin diperkirakan akan mengumumkan bahwa Abram akan tiba di Jerman dalam beberapa pekan mendatang pada konferensi pers pada Jumat.

Berbicara di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman, di mana ia pertama kali mengumpulkan para anggota grup itu pada April lalu, Austin mengatakan para anggota telah memberikan lebih dari 55 miliar dollar AS bantuan keamanan untuk Ukraina.

“Lebih dari setahun kemudian, Ukraina masih berdiri kokoh. Dukungan kami tidak goyah, dan saya bangga akan kemajuan yang telah kita buat bersama,” katanya.

Baca juga: Pasukan Rusia Kehilangan Banyak Tank karena Buruknya Kedisiplinan dan Moral

Dalam beberapa bulan terakhir, para anggota kelompok itu telah menyediakan cukup banyak peralatan dan pelatihan untuk mendukung sembilan lagi brigade lapis baja tambahan, kata Austin.

Tank Abram, secara khusus, telah lama ditunggu-tunggu untuk diterjunkan dalam perang Ukraina.

Lapis baja tebal tank dan mesin turbin berkekuatan 1.500 tenaga kuda membuat tank ini jauh lebih canggih daripada tank-tank era Soviet yang digunakan Ukraina sejak awal perang.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul Tank-tank Abram AS Akan Tiba Mei di Jerman.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-397 Serangan Rusia ke Ukraina: Tank Idaman Tiba, Kremlin Kekeh Sebar Nuklir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com