Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bek Klub Nantes Dicoret Pelatih karena Tetap Puasa Saat Pertandingan

Kompas.com - 03/04/2023, 16:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NANTES, KOMPAS.com - Bek klub Ligue 1 Perancis Nantes, Jaouen Hadjam, tidak dibawa ke pertandingan oleh pelatihnya karena tetap berpuasa saat hari kompetisi.

Nantes kalah 0-3 dari tim tamu Stade de Rennais di kandang mereka, Stade de la Beaujoire-Louis Fonteneau, Minggu (2/4/2023).

Pelatih Nantes Antoine Kombouare mengatakan, pemain Muslim yang menjalankan puasa selama bulan Ramadhan didukung oleh klub.

Baca juga: Bagaimana Astronot Muslim Menjalani Ramadhan di Ruang Angkasa?

Mereka boleh tidak ikut sesi makan tim dan sesi latihan kedua pada hari-hari ketika keduanya dijadwalkan.

"Tetapi pada hari pertandingan, Anda tidak harus berpuasa. Ini (laga) sangat intens, Anda harus siap. Dan mereka yang berpuasa tidak masuk tim Saya tidak ingin mereka melukai diri sendiri," ujar Kombouare, dikutip dari kantor berita AFP.

Kombouare adalah mantan pemain Nantes. Ia merupakan pelatih pertama yang dipecat Paris Saint-Germain (PSG) setelah akuisisi oleh Syekh Nasser Al Khelaifi.

Ia selalu menerapkan aturan itu di klub-klub yang diasuhnya, tetapi ini baru kali ini mencoret pemain pada hari pertandingan.

“Dalam sepekan ini, tidak ada kekhawatiran bagi yang berpuasa, saya siap mendukung mereka,” katanya seraya menambahkan mereka sadar ini bukan waktu yang mudah.

Baca juga:

Nantes memiliki enam pemain yang berpuasa Ramadhan tahun ini.

Jaouen Hadjam (20) yang tiba pada Januari dari Paris FC adalah satu-satunya pemain Nantes yang tetap puasa saat hari pertandingan.

"Itu pilihannya, saya menghormatinya," ucap Kombouare.

Berbeda dengan Liga Premier Inggris yang mengizinkan laga dihentikan saat waktu buka puasa, federasi sepak bola Perancis memerintahkan wasit tetap melanjutkan pertandingan saat azan Magrib berkumandang.

Namun, aturan tersebut tidak sesuai dengan undang-undang Federasi Sepak Bola Perancis. Beberapa media melaporkan isi UU tersebut dalam e-mail yang dikirim ke wasit.

Baca juga: 9 Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com