Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Islam di Australia Tarawih Pertama pada Jumat Ini, Puasa Ramadhan Mulai Sabtu

Kompas.com - 01/04/2022, 18:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

CANBERRA, KOMPAS.com - Umat Islam di Australia mulai menggelar ibadah salat Tarwih Jumat malam (1/4/2022), yang artinya akan mulai berpuasa di bulan Ramadhan pada Sabtu (2/4/2022).

Australian National Imams Council (ANIC) bersama Dewan Fatwa Australia menyatakan awal Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada Sabtu setelah dilakukan perhitungan kemunculan bulan menyusul tenggelamnya matahari pada Jumat.

Imam Besar (Grand Mufti) Australia Dr Ibrahim Abu Mohamad menjelaskan, matahari akan terbenam pada Jumat ini Pukul 18.50 waktu Sydney dan bulan akan muncul setelah itu selama 11 menit hingga Pukul 19.01 untuk selanjutnya menghilang dari pandangan.

Baca juga: Arab Saudi Prediksi Awal Ramadhan Sabtu 2 April, Bagaimana Penghitungannya?

"Di Kota Perth, Australia Barat, matahari akan terbenam Pukul 18.12 disusul kemunculan bulan selama 14 menit hingga Pukul 18.26 untuk selanjutnya menghilang dari pandangan," jelas Dr Ibrahim dalam suatu pernyataan yang dirilis ANIC.

"Hal ini memungkinkan adanya waktu yang cukup untuk melihat kemunculan bulan dalam kondisi normal tanpa adanya hambatan yang bisa menghalangi pandangan ke bulan," paparnya.

Namun demikian, Dr Ibrahim bersama para imam yang menjadi anggota ANIC dan Dewan Fatwa Australia menyatakan memahami dan menghormati umat Islam yang mungkin memiliki pendapat berbeda dalam hal ini.

"Umat Islam di Australia diharapkan dapat menjalani ibadah puasa dengan berdoa kepada Allah SWT agar mengakhiri pandemi Covid-19 dan melindungi negara ini dan menyebarkan perdamaian dan keamanan di seluruh dunia," katanya.

Baca juga: Arab Saudi Tegaskan Tak Izinkan Masjid Pakai Pengeras Suara Eksternal Saat Shalat Selama Ramadhan

Persiapan masjid komunitas Indonesia

Suasana berbuka puasa bersama yang dilaksanakan oleh jamaah masjid Indonesia di Westall, Australia pada Ramadhan beberapa tahun lalu.MASJID WESTFALL via ABC INDONESIA Suasana berbuka puasa bersama yang dilaksanakan oleh jamaah masjid Indonesia di Westall, Australia pada Ramadhan beberapa tahun lalu.

Ketua Pengurus Masjid Indonesia di Westall, Melbourne, Petta Rukka Daeng Gora menjelaskan, setelah mendengar pengumuman dari ANIC, pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan salat Tarawih pertama pada Jumat malam.

"Mulai malam ini kami akan melaksanakan salat Tarawih di Westall dan hal ini telah kami sampaikan kepada seluruh jemaah," kata Petta Rukka kepada Farid Ibrahim dari ABC Indonesia.

Ia mengatakan, selain Westall, dua masjid yang dikelola komunitas Indonesia lainnya yang berada di Melbourne, juga mengikuti rujukan dari ANIC sebagai lembaga para imam umat Islam yang ada di Australia.

Menurut Petta Rukka, perbedaan penentuan waktu memulai ibadah puasa tidaklah begitu berpengaruh pada jemaah Masjid Westall.

"Kami juga sudah menjadwalkan kegiatan buka puasa bersama pada Sabtu, yang kami telah mengundang Konsul Jenderal RI untuk hadir bersama warga masyarakat Indonesia di sini," kata Petta Rukka.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Israel Serang Tepi Barat, 2 Warga Palestina Tewas, 15 Terluka

Ia juga mengatakan, Masjid Westall telah menerima kedatangan seorang penceramah dari Indonesia yang akan bertugas untuk memberikan pengajian dan ceramah selama bulan Ramadhan.

Persiapan lainnya adalah melakukan pembersihan masjid serta penyiapan tempat parkir untuk mengantisipasi membludaknya jemaah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com