Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Mobil, Ayah Gugat Putrinya yang Tak Mau Tinggalkan Kuliah dan Merawatnya

Kompas.com - 01/03/2023, 13:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

PUYANG, KOMPAS.com – Seorang ayah di China yang sakit setelah mengalami kecelakaan mobil menggugat putrinya karena menolak meninggalkan kuliah dan merawatnya.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (28/2/2023) sang ayah bermarga Zhang mengalami kecelakaan mobil di tempat tinggalnya di Kota Puyang, Provinsi Henan.

Karena mengalami kecelakaan, Zhang meminta putrinya yang berkuliah di luar kota untuk pulang saja dan merawatnya.

Baca juga: Cinta Ditolak, Pria Ini Gugat Wanita yang Ditaksirnya Rp 33 Miliar

Setelah beberapa kali meminta, baik melalui panggilan telepon dan pesan, putrinya tersebut memblokir nomor Zhang. Putrinya tidak bisa lagi dihubungi.

Zhang murka, kemudian menggugat putrinya ke pengadilan setempat dan menuntut tunjangan bulanan sebesar 1.500 yuan atau sekitar Rp 3,3 juta.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata di China, Pasal 26 menyebutkan bahwa anak-anak yang sudah dewasa wajib menghidupi dan melindungi orang tuanya.

Sementara itu, sang putri membela diri bahwa kuliahnya tidak bisa ditinggal begitu saja dan pulang untuk merawat Zhang.

Baca juga: Guru SD yang Ditembak Muridnya Hendak Gugat Sekolah karena Tak Bertindak

Putrinya tersebut menambahkan, dia memiliki dua saudara laki-laki lainnya yang juga bisa diminta untuk merawat ayahnya. Dia merasa mendapat tekanan sejak awal.

“Saya masih kuliah, dan saya tidak mampu membayar tunjangan ayah saya. Saya tidak punya waktu untuk kembali merawatnya,” kata putri Zhang.

“Saya memblokir nomor telepon ayah saya karena semua pesannya adalah keluhan, yang membuat saya lebih gugup dan stres daripada biasanya karena belajar dan ujian. Saya merasa lebih lelah, baik secara mental maupun fisik,” sambungnya.

Setelah mendengar kedua belah pihak, pengadilan mengakui bahwa Pasal 26 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata China memang mewajibkan anak-anak dewasa wajib untuk menafkahi orang tua mereka.

Baca juga: Dosen Seni Gugat Universitas Setelah Dipecat soal Gambar Nabi Muhammad

Akan tetapi, pengadilan berpendapat bahwa dalam kasus ini, putri Zhang masih bersekolah dan tidak mampu membayar tunjangan.

Meski demikian, hakim meminta putri Zhang untuk lebih peka terhadap penderitaan ayahnya. Hakim juga memintanya untuk mencoba membantu ayahnya tanpa mengabaikan studinya.

Zhang memiliki opsi untuk mengajukan banding atas kasusnya tersebut.

Baca juga: Pemeran Romeo dan Juliet Gugat Paramount Pictures atas Adegan Telanjang Saat Remaja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com