Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 47 Tahun, Tulang Mahasiswa Ini Ditemukan dalam Mobil Tenggelam di Sungai

Kompas.com - 26/02/2023, 22:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

TROUP, KOMPAS.com - Kerangka Kyle Clinkscales (22), orang hilang di Amerika Serikat pada 1974, ditemukan setelah 47 tahun lamanya.

Tulang-tulangnya ditemukan di dalam mobil yang tenggelam dekat perbatasan negara bagian Georgia dan Alabama pada 2021.

Setelah dilakukan tes forensik, Biro Investigasi Georgia (GBI) dan FBI pada Minggu (19/2/2023) menyimpulkan bahwa kerangka tersebut milik Clinkscales.

Baca juga: Video Langka Bangkai Titanic Dirilis, Tenggelam di Dasar Samudera Atlantik

Kyle Clinkscales asal LaGrange menghilang pada Januari 1976 setelah meninggalkan kelab malam di Georgia tempat dia bekerja sebagai bartender, untuk kembali ke Universitas Auburn di negara bagian Alabama sebelahnya.

Penyelidik mendapat kemajuan pesat dalam kasus ini pada Desember 2021, ketika seseorang melihat mobil di sungai Alabama yang keruh.

Ford Pinto tahun 1974 itu lalu ditarik dari permukaan air dan ternyata milik Clinkscales. Beberapa barangnya masih di dalam, begitu pula sekitar 50 tulang termasuk tengkorak.

“Saat ini laporan resmi belum selesai atau dirilis oleh GBI karena terkait dengan cara kematian,” menurut pernyataan sheriff, dikutip dari Associated Press pada Kamis (23/2/2023).

Baca juga:

Juru bicara GBI Nelly Miles pada Rabu (22/2/2023) mengonfirmasi, penyelidik belum menentukan bagaimana Clinkscales mati atau apakah ada kekerasan yang terlibat.

Pada 2006, Jimmy Earl Jones mengaku bersalah membuat pernyataan palsu kepada pihak berwenang tentang kematian Clinkscales dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara.

Jones memberitahu penyelidik bahwa Clinkscales ditembak mati oleh orang lain, tetapi laporannya bertentangan yang menurut jaksa tidak berguna untuk mengungkap kebenaran.

Pete Skandalakis, mantan jaksa wilayah yang menuntut Jones, mengatakan bahwa setelah mobil Clinkscales ditemukan, penjelasan paling masuk akal atas kematiannya adalah dia tidak sengaja keluar jalur dari jalan raya.

Baca juga: Hasil Studi: Kota-kota Pesisir di Asia Tenggelam dengan Cepat, termasuk Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com