Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksekutif Sekolah Penerbangan Afrika Selatan Diselidiki Australia, Diduga Bantu Latih Pilot Militer China

Kompas.com - 20/12/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

SYDNEY, KOMPAS.com - Polisi Australia telah menggeledah properti mantan pilot militer Inggris yang merupakan seorang eksekutif sekolah penerbangan Afrika Selatan di bawah pengawasan otoritas Inggris yang disebut melatih pilot militer China.

Dilansir dari Reuters, mantan pilot militer lainnya yang sebelumnya bekerja untuk sekolah penerbangan ditangkap di Australia pada bulan Oktober lalu.

Mantan pilot Marinir AS Daniel Duggan ditahan di Sydney menunggu keputusan Jaksa Agung atas permintaan ekstradisi AS.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Temuan Puing MH370 Kuatkan Teori Kesengajaan Pilot | Pelonggaran Covid China

Polisi federal Australia mengeluarkan surat perintah penggeledahan pada bulan November di properti Keith Hartley di Australia Selatan, yang merupakan chief operating officer dari Test Flying Academy of South Africa (TFASA).

Penyelidikan pilot kedua pertama kali dilaporkan oleh surat kabar The Australian.

Hartley menolak berkomentar kepada Reuters. Pengacaranya, Dennis Miralis, mengatakan Hartley tidak didakwa melakukan pelanggaran apa pun dan sedang mengajukan peninjauan kembali atas surat perintah penggeledahan polisi di Pengadilan Federal.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Temuan Puing MH370 Kuatkan Teori Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat | Sikap ASEAN Terpecah soal Perang di Ukraina

"Mr Keith Hartley dan TFASA dengan tegas menyangkal melakukan kesalahan kriminal dan akan terus menggunakan hak hukum mereka di bawah hukum Australia," kata Miralis.

Inggris mengumumkan tindakan keras terhadap mantan pilot militernya yang bekerja untuk melatih penerbang China pada minggu yang sama ketika Duggan ditangkap di Australia.

Inggris juga berjanji untuk mengubah undang-undang keamanan nasional untuk menghentikan mereka bekerja untuk perantara seperti akademi penerbangan Afrika Selatan.

TFASA membantahnya atau instruktur Inggrisnya telah melanggar hukum Inggris mana pun.

Baca juga: Sosok Zaharie Ahmad Shah, Pilot Pesawat Malaysia Airlines MH370

Dakwaan tahun 2017 yang dibuka oleh pengadilan distrik Washington bulan ini menunjukkan Duggan menghadapi empat dakwaan di Amerika Serikat termasuk melanggar undang-undang kontrol senjata AS dengan melatih pilot militer China untuk mendarat di kapal induk.

"Duggan memberikan pelatihan militer kepada pilot China melalui sekolah penerbangan Afrika Selatan pada 2010 dan 2012," kata dakwaan tersebut.

Duggan membantah melanggar hukum apa pun.

Baca juga: Detik-detik Jet Siluman F-35B Gagal Mendarat, Pilot Selamatkan Diri dengan Kursi Lontar

Surat dakwaan tersebut juga mencantumkan seorang warga negara Inggris yang merupakan chief operating officer dari akademi uji terbang yang berbasis di Afrika Selatan dengan kehadiran di RRC sebagai rekan konspirator yang tidak disebutkan namanya.

Miralis, yang juga pengacara Duggan, mengatakan dia belum melihat permintaan ekstradisi AS untuk Duggan dan tidak jelas apakah itu berdasarkan dakwaan tahun 2017 atau dakwaan baru.

Baca juga: Puing MH370 Ditemukan di Madagaskar, Kuatkan Teori Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat

Miralis mengatakan dia telah melihat dakwaan tahun 2017 tetapi dia dan Hartley sama-sama menolak mengomentari rekan konspirator Inggris yang tidak disebutkan namanya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com