Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Temuan Puing MH370 Kuatkan Teori Kesengajaan Pilot | Pelonggaran Covid China

Kompas.com - 19/12/2022, 05:44 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kabar terkait temuan baru puing MH370 menjadi berita internasional yang paling banyak disorot pembaca kanal Global Kompas.com sepanjang minggu lalu.

Bukti baru dinilai ahli menguatkan dugaan bahwa salah satu pilot sengaja menurunkan roda pendaratan pesawat. Sosok di balik kemudi Malaysia Airlines MH370 pun tak ayal turut mendapat perhatian publik.

Kabar terpopuler lainnya datang dari “Negeri Tirai Bambu” di mana pelonggaran Covid-19 baru saja dilakukan dan mulai menekan fasilitas medis.

Berikut kami rangkum berita internasional terpopuler di Kompas.com sepanjang minggu lalu dalam “Kabar Dunia Sepekan” edisi Senin (12/12/2022) hingga Minggu (18/12/2022).

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Dipulangkan | Media Asing Sorot Pengesahan RKUHP

1. Puing MH370 Ditemukan di Madagaskar, Kuatkan Teori Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat

Sepotong puing dari pesawat penumpang MH370 yang hancur yang ditemukan baru-baru ini, menguatkan dugaan bahwa salah satu pilot sengaja menurunkan roda pendaratan pesawat.

Ini seolah mendukung teori bahwa pesawat itu sengaja dijatuhkan.

Penemuan itu terungkap dalam laporan baru minggu ini oleh insinyur Inggris Richard Godfrey dan pemburu rongsokan MH370 Amerika Blaine Gibson.

Menurut analisa mereka, puing-puing roda pendaratan yang dikenal sebagai pintu trunnion kemungkinan ditembus dari dalam oleh mesin pesawat yang pecah akibat benturan. Baca selengkapnya di sini. 

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Temuan Puing MH370 Kuatkan Teori Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat | Sikap ASEAN Terpecah soal Perang di Ukraina

2. Sosok Zaharie Ahmad Shah, Pilot Pesawat Malaysia Airlines MH370

Sepotong puing pesawat penumpang Malaysia Airlines MH370 yang ditemukan baru-baru ini di Madagaskar menguatkan salah satu teori yang menyebutkan salah satu pilot bunuh diri.

Potongan itu diduga berasal dari bagian pintu landing gear pesawat. Temuan pintu landing gear pesawat tersebut seolah mendukung salah satu teori bahwa pesawat Boeing 777 Malaysia Airlines MH370 sengaja dijatuhkan.

Salah satu teori bagaimana penerbangan MH370 jatuh adalah bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah, pilot veteran Malaysia Airlines, sengaja menjatuhkan pesawat ke laut.

Siapakah Zaharie Ahmad Shah? Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Pria yang Temukan Puing-puing Pesawat Malaysia MH370 Dibombardir Ancaman Pembunuhan

3. Rumah Sakit China Kewalahan, Kekurangan Tenaga Medis Paksa yang Terinfeksi Tetap Masuk

Rumah sakit China sudah berada di bawah tekanan yang sangat besar, menyusul pergeseran 180 derajat yang cepat di negara itu dari kebijakan nol-Covid.

Dokter dan perawat menularkan infeksi ke pasien, karena kekurangan staf tampaknya membuat pekerja medis di garis depan tetap diminta masuk meskipun mereka sendiri terkena virus.

Seorang profesor China yang berspesialisasi dalam kebijakan kesehatan mengaku telah berbicara dengan direktur rumah sakit dan staf medis lainnya di China tentang tekanan besar pada sistem saat ini. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Infeksi Covid-19 China Melonjak, Sekolah di Shanghai Diperintahkan Kembali ke Kelas Daring

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com