Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Sejumlah Permukiman Dilaporkan Direbut Kembali dari Rusia

Kompas.com - 08/09/2022, 07:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, dia memiliki "kabar baik", mengeklaim merebut kembali beberapa permukiman dari Rusia.

Desas-desus telah berputar selama berhari-hari tentang kemungkinan terobosan di wilayah Kharkiv timur, tetapi tanpa kabar dari pejabat Ukraina.

Zelensky menolak menyebutkan tempat-tempat mana yang telah direbut kembali, dengan mengatakan bahwa "sekarang bukan waktunya untuk menyebutkan" mereka.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-196 Serangan Rusia ke Ukraina, Opsi Penutupan PLTN Zaporizhzhia, Ancaman Perang Energi

Secara terpisah, para pejabat AS mengatakan Ukraina membuat "kemajuan yang lambat tapi berarti" melawan pasukan Rusia.

Berbicara dalam video pidato malamnya kepada Ukraina, Presiden Zelensky mengatakan, ada "kabar baik" tentang rumor keberhasilan pasukan Ukraina.

"Saya pikir setiap warga negara merasa bangga dengan tentara kami," katanya, menyebut unit militer tertentu dan memuji keberanian mereka dalam pertempuran sebagaimana dilansir BBC.

Namun, dia berkata, "Sekarang bukan waktunya untuk menyebutkan permukiman tempat bendera Ukraina dikibarkan kembali."

Ukraina telah memperketat keamanan operasionalnya dalam beberapa pekan terakhir, berbagi sedikit rincian tentang serangan balasan yang diperkirakan luas di timur dan selatan.

Baca juga: Simpanse Kabur di Tengah Medan Perang Ukraina, Dibujuk Kembali dengan Jas Hujan dan Sepeda

Tentara Ukraina telah melancarkan serangan di tenggara Kharkiv, menuju wilayah timur Donetsk, di mana Rusia telah mempertahankan kendali militer substansial sejak perang dimulai enam bulan lalu.

Beberapa laporan menunjukkan pasukan Ukraina mungkin beberapa puluh kilometer dari kota Izyum, sebuah mata rantai penting dalam rantai pasokan militer Rusia.

Berbicara di sebuah acara di Amerika Serikat, Colin Kahl - Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan - menyatakan bahwa pasukan Ukraina berkinerja lebih baik daripada pasukan Rusia di beberapa daerah.

"Ini hari-hari awal. Saya pikir Ukraina membuat kemajuan yang lambat tapi berarti. Dan kita akan melihat bagaimana keadaan berjalan," katanya seperti dikutip oleh kantor berita Reuters.

"Tapi saya tentu berpikir segalanya berjalan lebih baik di pihak Ukraina sekarang di selatan daripada yang benar di pihak Rusia."

Namun, situasinya tetap genting.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-195 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Peringatkan Malapetaka Radiasi, Putin Setujui “Dunia Rusia”

Dalam pembaruan malamnya, Staf Umum Ukraina mengatakan pada Rabu (7/9/2022) bahwa mereka telah "menangkis semua serangan Rusia" di wilayah Kharkiv dan Donetsk - tetapi kedua belah pihak terus bertukar artileri dan serangan udara, merusak selusin tempat yang berbeda.

Presiden Zelensky juga mengatakan pada Rabu (7/9/2022) bahwa anggaran nasional Ukraina tahun depan akan menjadi anggaran negara yang sedang berperang - dengan lebih dari satu triliun hryvnia (27 miliar dollar AS setara Rp 402.7 triliun) dihabiskan untuk pertahanan.

Akan tetapi, dia berjanji ketentuan sosial utama seperti pensiun akan dipertahankan.

Namun, "perlu untuk mengurangi sebanyak mungkin semua pengeluaran non-kritis", ia memperingatkan - "semua itu tidak membantu pertahanan, tidak membantu pembangunan ekonomi negara, penyediaan sosial dan budaya rakyat kita".

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com