Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Penikaman Massal Kanada Ditangkap Setelah 3 Hari Perburuan

Kompas.com - 08/09/2022, 07:06 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

ROSTHERN, KOMPAS.com - Polisi di Kanada telah menangkap tersangka dalam penikaman massal yang menyebabkan 10 orang tewas dan 18 lainnya luka-luka.

Penangkapan Myles Sanderson mengakhiri perburuan yang membentang di tiga provinsi dan menimbulkan pertanyaan tentang mengapa dia diberikan pembebasan bersyarat penjara meskipun memiliki 59 catatan kriminal dan kekerasan.

Polisi mengatakan dia ditahan di kota Rosthern, Saskatchewan, sekitar pukul 15.30 waktu setempat (4.30 WIB).

Sepuluh korban masih dirawat di rumah sakit, tiga di antaranya dalam kondisi kritis.

Baca juga: Tersangka Penikaman Massal Kanada Masih Buron, Polisi Desak Warga Tak Keluar Rumah

Polisi telah mendakwanya dengan pembunuhan tingkat pertama, percobaan pembunuhan, dan pembobolan properti.

Berita penangkapan tersangka datang segera setelah peringatan dikirim ke pengguna ponsel Kanada pada Rabu (8/9/2022) sore memperingatkan orang-orang di dekat kota Wakaw untuk "segera mencari perlindungan di tempat," karena seorang pria bersenjatakan pisau terlihat mengemudi di wilayah tersebut.

Rosthern adalah 44 kilometer (27 mil) barat Wakaw. Polisi sekarang telah membatalkan peringatan sebelumnya dan mengatakan tidak ada risiko lebih lanjut bagi publik.

Saudaranya, Damien Sanderson, juga diduga berperan dalam serangan pada Minggu (4/9/2022) di daerah pedesaan.

Pada Senin (5/9/2022), polisi menemukan tubuhnya dan sekarang sedang menyelidiki apakah saudaranya membunuhnya selama perburuan.

Baca juga: Penikaman Massal di Kanada: 1 dari 2 Bersaudara yang Buron Ditemukan Tewas

Pada Rabu (7/9/2022), orang tua dari kedua saudara itu meminta putra mereka yang buronan untuk menyerahkan diri.

"Saya ingin meminta maaf untuk putra saya, putra-putra saya," kata ibunya dalam sebuah wawancara dengan CBC News.

"Kami tidak tahu keseluruhan cerita, tapi saya ingin meminta maaf kepada semua orang yang terluka dan terpengaruh oleh situasi yang mengerikan ini."

Polisi belum mengungkapkan dugaan motif kejahatan yang mencakup 13 TKP terpisah.

Dewan pembebasan bersyarat Kanada mengatakan pada Selasa (6/9/2022) bahwa mereka akan meninjau mengapa Myles Sanderson dibebaskan lebih awal dari penjara saat menjalani hukuman empat tahun untuk beberapa kejahatan kekerasan.

Pada Februari dewan mengatakan dia "tidak akan menghadirkan risiko yang tidak semestinya" dan bahwa pembebasannya akan "berkontribusi pada perlindungan masyarakat" dengan memfasilitasi rehabilitasinya.

Baca juga: Horor Penikaman di Provinsi Kanada, 10 Orang Tewas dan 15 Luka

Polisi Saskatoon sebelumnya mengonfirmasi bahwa mereka telah mencari Myles Sanderson sejak Mei, ketika dia berhenti bertemu pekerja sosial yang ditugaskan dan diklasifikasikan sebagai "melakukan pelanggaran hukum".

Dokumen pembebasan bersyarat menunjukkan Myles Sanderson memiliki catatan kriminal selama puluhan tahun, termasuk 59 hukuman pidana sejak ia berusia 18 tahun, termasuk penyerangan, ancaman, dan perampokan.

"Saya ingin tahu alasan di balik keputusan (pembebasan bersyarat)," kata Menteri Keamanan Publik Marco Mendicino kepada wartawan. "Saya sangat prihatin dengan apa yang terjadi di sini," katanya sebagaimana dilansir BBC pada Kamis (8/9/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com