Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan Selamat HUT Ke-77 RI dari Joe Biden untuk Jokowi

Kompas.com - 16/08/2022, 15:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden memberikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (16/8/2022).

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak (Jokowi) dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," ucap dia dalam keterangan tertulis yang dikirim Kedubes AS di Jakarta kepada Kompas.com, Selasa.

Biden mengatakan Indonesia termasuk di antara negara demokrasi terbesar di dunia bersama AS.

Baca juga: Kementerian Kehakiman AS Tolak Buka Alasan Gerebek Rumah Trump

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu 'Bhinneka Tunggal Ika' dan 'E Pluribus Unum'. Moto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam," ungkapnya ditujukan ke Jokowi.

Pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini, Biden juga menyampaikan harapan AS bisa terus bekerja sama dengan Indonesia.

"Saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh. Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra strategis," ucap dia.

Baca juga: Ingin Saingi China, Biden Kucurkan Subsidi Besar ke Industri Semikonduktor AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com