Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Raksasa Terbakar Hebat lalu Tenggelam di Pelabuhan Torquay, Harganya Ratusan Miliar

Kompas.com - 29/05/2022, 09:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

TORQUAY, KOMPAS.com - Sebuah kapal pesiar raksasa yang diperkirakan bernilai Rp 110 Miliar dilaporkan tenggelam setelah petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api di kapal, ketika sedang ditambatkan di Pelabuhan Torquay.

Devon and Somerset Fire and Rescue Service (DSFRS) mengatakan ada sekitar 8.000 liter bahan bakar di perahu 85 kaki, yang menyebabkan orang dievakuasi dari dermaga di barat daya Inggris itu.

Baca juga: Jerman Sita Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Milik Oligarki Rusia

Sekitar pukul 6 sore, api padam dan kru sedang bekerja untuk meredam (kebakaran) di dermaga, kata juru bicara DSFRS sebagaimana dilansir Guardian pada Sabtu (28/5/2022).

Juru bicara itu menambahkan: “Perahu telah tenggelam sehingga (api) padam sekarang. Sekarang sudah diserahkan ke Badan Lingkungan Hidup dan Syahbandar.”

Petugas pemadam kebakaran dipanggil tepat sebelum tengah hari pada Sabtu (28/5/2022) untuk melaporkan kapal pesiar terbakar.

Lebih dari dua jam setelah kejadian, api masih menyala saat beberapa petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

Pada pukul 3 sore, dinas pemadam kebakaran menyarankan semua penduduk di daerah dekat marina untuk menutup jendela dan pintu mereka karena "asap berbahaya", menambahkan bahwa: "Kru terus berupaya memadamkan api."

Para kru menggunakan kapal nahkoda pelabuhan untuk membantu memadamkan api.

Baca juga: Pelaut Ukraina Coba Tenggelamkan Kapal Pesiar Mewah Milik Orang Kaya Rusia

Tidak ada cedera yang dilaporkan. Badan Lingkungan South West mengatakan fokus telah bergeser ke "respon polusi" setelah kapal tenggelam.

“Petugas kami telah memeriksa kualitas udara di sekitar pelabuhan Torquay sore ini setelah kebakaran kapal pesiar, yang dinyatakan sebagai insiden besar,” cuitnya.

“Dianggap tidak ada masalah nyata dengan kualitas udara, tetapi kami mengawasi situasinya.

“Dengan kapal pesiar yang sekarang tenggelam, dan dengan (sekitar sembilan) ton solar di dalamnya, fokus sekarang pada polusi. Penanggulangan pencemaran dipimpin oleh syahbandar. Petugas kami membantu dengan saran dan bimbingan tentang kualitas air mandi dan sebagainya.”

Komandan area penjaga pantai untuk wilayah pesisir South Devon dan South East Cornwall mengatakan pihaknya membantu polisi Devon dan Cornwall dalam menutup tepi laut Torquay.

Saksi mata melaporkan "gumpalan asap tebal yang tajam mengepul dari Pelabuhan Torquay".

Baca juga: Putin Tarik Kapal Pesiar Mewah Miliknya dari Jerman di Tengah Ancaman Sanksi NATO

Georgina Cleasby, yang sedang bersepeda pulang ketika dia melihat api, mengatakan kepada ITV: "Kami berdiri dan menonton selama sekitar 10 menit sampai asap mulai mempengaruhi dada kami."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com