Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audit: Hampir Separuh Pengikut Joe Biden di Twitter Akun Palsu

Kompas.com - 19/05/2022, 13:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Audit yang dilakukan perusahaan perangkat lunak SparkToro, menemukan bahwa 49,3 persen pengikut Twitter Presiden AS Joe adalah pengikut palsu.

Laporan Newsweek dilansir New York Post, menyebut SparkToro telah mendefinisikan "pengikut palsu" sebagai "akun yang tidak dapat dijangkau dan tidak akan melihat tweet akun tersebut."

Baca juga: KTT AS-ASEAN: Joe Biden Umumkan Era Baru Hubungan Washington dan Asia Tenggara

Ini bisa jadi karena spam, bot, propaganda, atau karena mereka tidak lagi aktif di Twitter.

Sebelumnya CEO Tesla Elon Musk, yang mencoba membeli Twitter, telah menyatakan keprihatinan atas meningkatnya jumlah akun palsu dan mengusulkan tindakan keras terhadap hal itu.

Musk mengatakan dia yakin bahwa 20 persen dari semua akun Twitter adalah palsu dan bersumpah untuk tidak melakukan pembelian raksasa media sosial senilai 44 miliar dollar AS itu sampai masalah terselesaikan.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Sambut Ramadhan 2022, Kutip Ayat Al Quran

CEO Twitter Parag Agrawal membalas orang terkaya di dunia itu, mengatakan bahwa raksasa digital itu menangguhkan lebih dari setengah juta akun spam setiap hari dan mengunci beberapa juta akun yang diduga spam.

SparkToro menggunakan audit yang sama pada Musk sendiri dan menemukan bahwa hampir 70,2 persen dari 93,3 juta pengikut Twitter Musk adalah palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com