Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Peringatkan Belarus untuk Tidak Bantu Rusia Menginvasi Ukraina

Kompas.com - 26/01/2022, 07:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON, D.C., KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) pada Selasa (26/1/2022), memperingatkan Belarus untuk tidak membantu Rusia menginvasi Ukraina.

AS mengancam Belarus akan menghadapi pembalasan jika sampai membantu sekutu Rusia dalam menyerang negara tetangga Ukraina.

"Kami juga telah menjelaskan kepada Belarus bahwa jika memungkinkan wilayahnya digunakan untuk serangan ke Ukraina, itu akan menghadapi tanggapan cepat dan tegas dari AS dan sekutu serta mitra kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price kepada wartawan.

Baca juga: Konflik Perbatasan Ukraina Makin Tegang, Rusia Pasang Pasukan Militer di Belarus

“Jika invasi akan dilanjutkan dari Belarus atau pasukan Rusia ditempatkan secara permanen di wilayah mereka, NATO mungkin harus menilai kembali postur kekuatan kita sendiri di negara-negara yang berbatasan dengan Belarus," tambah Price, sebagaimana diberitakan Kantor Berita AFP, Rabu (26/1/2022).

Presiden Belarus Alexander Lukashenko yang telah menjabat sejak 1994 diketahui merupakan sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin dan telah menghentikan protes massa yang mempertanyakan legitimasi pemilihannya.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengunjungi bilik suara dalam pemilihan presiden di Minsk, pada 9 Agustus 2020.Sergei Gapon/Pool via REUTERS Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengunjungi bilik suara dalam pemilihan presiden di Minsk, pada 9 Agustus 2020.

Lukashenko bulan lalu mengumumkan bahwa Rusia akan melakukan latihan militer dengan Belarus.

Hal ini membuat AS memperingatkan bahwa senjata nuklir bisa masuk ke negara itu.

Langkah itu dilakukan ketika Rusia menempatkan puluhan ribu tentara di perbatasannya dengan Ukraina, yang mengarah ke peringatan Barat terhadap invasi ke negara yang berorientasi Barat itu.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pembom Berkemampuan Nuklir Patroli 4 Jam di Belarus


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com