Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senator Perancis Sebut Taiwan sebagai “Negara” dalam Kunjungan yang Diprotes China

Kompas.com - 07/10/2021, 18:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Kepala delegasi senator Perancis pada Kamis (7/10/2021) menyebut Taiwan sebagai "negara" selama kunjungan ke Taipei, sebuah pernyataan yang berisiko memicu kemarahan China, yang telah memprotes keras perjalanan tersebut.

Alain Richard, mantan menteri pertahanan Perancis, tiba pada Rabu (6/10/2021), untuk kunjungan lima hari, meskipun peringatan berulang kali dari kedutaan besar China di Paris.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Korban Reynhard Sinaga Buka Suara | Ketegangan Militer China-Taiwan Terburuk dalam 40 Tahun

Dalam pidatonya setelah dia dianugerahi medali kehormatan tertinggi oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Richard mengatakan kedutaan de facto Taiwan di Paris telah melakukan "pekerjaan yang sangat baik dalam mewakili negara Anda".

Perancis, seperti kebanyakan negara, secara resmi mengakui China yang mengeklaim Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri, sebagai bagian dari wilayahnya.

Beijing mencoba untuk menjaga pulau itu tetap terisolasi di panggung dunia, dan menolak penggunaan nama Taiwan atau referensi apa pun untuk itu sebagai sebuah negara.

Beijing juga telah meningkatkan tekanan pada pemerintah Tsai sejak kemenangannya dalam pemilihan 2016. Chin jug telah secara agresif mencoba mencegah politisi berkunjung dalam beberapa tahun terakhir.

Kedutaan Besar China di Paris memperingatkan bahwa kunjungan itu akan merusak kepentingan China, hubungan China-Perancis dan "citra Perancis", dalam komentar di situsnya.

Baca juga: China Diprediksi Bisa Menginvasi Penuh Taiwan pada 2025

Duta Besar Beijing menulis surat kepada Richard pada Februari, mengatakan kunjungan itu "jelas melanggar prinsip satu-China dan mengirim sinyal yang salah kepada pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan".

Kementerian luar negeri Taiwan memuji perjalanan itu sebagai "melambangkan desakan Taiwan dan Perancis, sebagai mitra demokratis, dalam menegakkan nilai-nilai kebebasan dan demokrasi".

"Kami sangat tersentuh karena Senator Richard tidak gentar dengan tekanan... untuk melakukan kunjungan ketiganya ke Taiwan," kata Tsai, pada Kamis (7/10/2021) melansir AFP.

Dia juga menyebut resolusi yang diusulkan Richard untuk mendukung partisipasi internasional Taiwan. Resolusi itu disahkan oleh senat Perancis pada Mei, sebagai "tonggak sejarah" dalam hubungan keduanya.

Richard memimpin Grup Persahabatan Taiwan dari senat Perancis dan mengunjungi pulau itu pada 2015 dan 2018.

Baca juga: Biden Yakini Xi Jinping Kali Ini Akan Patuhi Zona Identitas Pertahanan Udara Taiwan

Taipei menuduh China menggunakan diplomasi "prajurit serigala", untuk mencoba dan menggagalkan perjalanan politisi asing.

"Prajurit serigala" adalah label yang diberikan kepada sikap China yang lebih agresif di bawah Presiden Xi Jinping yang, telah dianut oleh banyak diplomat China.

Tahun lalu, Beijing menyebut kunjungan ke Taiwan oleh presiden Senat Ceko, Milos Vystrcil, sebagai "provokasi" dan bersumpah dia akan "membayar mahal".

Menteri pertahanan Taiwan mengatakan pada Rabu (6/10/2021) bahwa ketegangan militer antara pulau itu dan China berada pada level tertinggi dalam empat dekade, setelah sekitar 150 pesawat tempur China - jumlahnya mencatat rekor.

Namun operasi pesawat militer China beberapa hari terakhir melakukan serangan ke zona pertahanan udara Taiwan..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com