Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Kematian Global Akibat Covid-19 Terjadi di Benua Amerika

Kompas.com - 08/07/2021, 20:19 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Meskipun terjadi penurunan keseluruhan kasus dan kematian akibat Covid-19 di Benua Amerika, pekan lalu, wilayah tersebut menyumbang lebih dari setengah kematian global akibat Covid-19.

Data Pan American Health Organization (PAHO) yang dilansir Al-Jazeera menyebut, kematian akibat Covid-19 kebanyakan terjadi akibat tidak adilnya layanan kesehatan serta vaksin yang tidak merata.

Baca juga: Brasil Capai 500.000 Kematian Covid-19, Kondisi Lebih Buruk Masih Mengancam

Direktur PAHO Carissa Etienne mengatakan pada Rabu (7/7/2021) bahwa hal ini bisa menjadi masalah yang serius.

“Ini adalah tanda yang jelas bahwa jumlah korban pandemi di benua ini terus menghancurkan keluarga dan komunitas, bahkan ketika bagian dari wilayahnya sudah mendapat beberapa bantuan,” kata Etienne.

Menurut angka PAHO, seperempat orang di wilayah Amerika telah sepenuhnya divaksinasi, dan setidaknya 600 juta dosis telah diberikan.

Sementara, 67 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu suntikan vaksinasi di Benua Amerika.

Padahal di beberapa negara, khususnya di Amerika Tengah, belum ada kemajuan yang berarti dalam kampanye vaksinasi mereka.

Baca juga: Inggris 28 Hari Capai Nol Kasus Kematian Covid-19, tapi Masih Dibayangi Varian Delta

“Kita tak bisa memungkiri fakta bahwa negara yang sangat terkena dampak pandemi mampu membalikkan keadaan, tetapi kita tidak bisa menutup mata terhadap ketidakadilan yang mencolok dalam akses vaksin di benua ini,” kata Etienne.

Haiti, jadi contoh yang bagus. Negara yang dilanda kekacauan setelah Presiden Jovenel Moïse dibunuh di rumahnya ini, mengalami sedikit penurunan kasus virus corona setelah melonjak secara berkelanjutan.

Padahal, negara ini belum menerima dosis vaksinasi apa pun. Peningkatan kekerasan baru-baru ini juga semakin menantang respons terhadap pandemi.

Selanjutnya, PAHO juga mengatakan bahwa sekitar 24 juta dosis telah diberikan di seluruh wilayah melalui mekanisme berbagi COVAX. Tetapi sebenarnya vaksin yang dibutuhkan masih banyak.

“Jutaan orang di Amerika Latin dan Karibia masih belum tahu kapan mereka akan mendapat kesempatan untuk diimunisasi,” kata Etienne.

Baca juga: India Catatkan Rekor Kematian Covid-19 Harian Terbanyak di Dunia, 4.529 Jiwa Meninggal

Seperti diketahui, lebih dari 600.000 orang meninggal karena Covid-19 di Benua Amerika, lebih banyak daripada negara lain mana pun di dunia.

Ini diambil menurut penghitungan yang dilakukan Universitas Johns Hopkins.

Meski begitu, tingkat kematian terus menurun sejak negara itu membuat kemajuan besar dalam kampanye vaksinasi awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com