Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth II Akan Bertemu Presiden AS Joe Biden di Istana Buckingham

Kompas.com - 02/02/2021, 13:50 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II dan para anggota senior Kerajaan Inggris diperkirakan akan berjumpa dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Istana Buckingham di London sebelum KTT Ekonomi G7 pada Juni mendatang.

Melansir The Sunday Times, Selasa (2/2/2021), Pangeran Charles yang sempat menolak kedatangan pendahulu Biden, Donald Trump selama kunjungan mantan presiden AS itu pada 2018 juga dikabarkan akan berjumpa dengan Biden bersama istrinya, Camilla the Duchess of Cornwall.

Tak hanya sang Ratu dan putranya, cucu Ratu, Pangeran William dan istrinya, Catherine the Duchess of Cambridge juga akan menyambut Biden dan para pemimpin dunia lainnya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II dan Suaminya Disuntik Vaksin Covid-19, Paus Fransiskus Pekan Depan

Biden dan Ratu Elizabeth juga akan bertatap muka secara khusus selama pertemuan itu. Ketua DPR Sir Lindsay Hoyle juga menulis surat kepada Biden agar mengunjungi Parlemen di Westminster.

Pada awal bulan ini, Inggris mengumumkan rencana untuk mengadakan KTT G7 pada Juni mendatang secara langsung setelah hampir 2 tahun di Cornwall, Inggris barat daya.

Menurut Media Breitbart, “Perdana Menteri Boris Johnson berharap pertemuan tersebut akan membentuk konsensus tentang cara dan sarana bagi ekonomi global untuk pulih dari pandemi virus corona dan memandang Biden sebagai sekutu dalam upaya tersebut."

Baca juga: Tanpa Masker Ratu Elizabeth II Pertama Kali Keluar Istana Setelah Lockdown

Ratu telah bertemu dengan setiap presiden AS sejak awal pemerintahannya pada tahun 1952, kecuali mantan Presiden Lyndon Johnson.

Ratu Elizabeth saat bertemu Donald Trumpnyp Ratu Elizabeth saat bertemu Donald Trump

Sebelumnya pada Juli 2018, mantan presiden AS Donald Trump pernah berkunjung ke Inggris bersama istrinya, Melania.

Saat itu, hanya Ratu Elizabeth yang menyapa. Dua pewaris takhta Inggris, Pangeran Charles dan Pangeran William dikabarkan enggan menemui Trump.

Kunjungan 4 hari Trump di Inggris dikabarkan hanyna diskusi informal namun Downing Street dan Istana Buckingham telah mengatur siapa saja bangsawan senior yang akan dijadwalkan berjumpa dengan Trump.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ratu Elizabeth II Pakai Sarung Tangan Saat Upacara Penobatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com