Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Masker Ratu Elizabeth II Pertama Kali Keluar Istana Setelah Lockdown

Kompas.com - 16/10/2020, 21:39 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II pada Kamis (15/10/2020) untuk pertama kali melakukan kunjungan publik dan tanpa menggunakan masker, sejak pemberlakukan lockdown pada Maret.

Ratu yang berusia 94 tahun itu ditemani oleh cucunya, Pangeran William dalam kunjungannya ke Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan di Porton Down, Inggris barat daya.

Melansir CNN pada Jumat (16/10/2020), dalam barisan kerajaan tersebut terlihat tidak ada yang memakai masker, meski mematuhi pedoman social distancing.

Baca juga: Indonesia Capai Kesepakatan Pengadaan Vaksin Covid-19 dengan Perusahaan Inggris

Pemerintah Inggris merekomendasikan penggunaan masker di tempat dalam ruangan, di mana "social distancing mungkin sulit dilakukan dan di mana Anda akan bersentuhan dengan orang yang biasanya tidak Anda temui."

Istana Buckingham mengatakan bahwa Ratu memutuskan untuk tidak memakai masker setelah berkonsultasi dengan petugas medis dan ilmuwannya sendiri di fasilitas penelitian militer Porton Down, sebagai bentuk untuk tetap memberikan dukungan penting dalam merespons pandemi Covid-19 di Inggris.

Baca juga: Reynhard Sinaga, Pemerkosa Paling Parah di Inggris, Kemungkinan Tak Akan Pernah Bebas

"Nasihat khusus tentang kunjungan ini telah diminta dari rumah tangga medis dan pihak terkait," tambah sumber kerajaan.

Ratu, yang menghabiskan waktu lockdown nasional di Kastil Windsor bersama suaminya, Pangeran Philip, menjalankan tugas resminya secara online, seperti menghadiri pembukaan potret virtual, dan mengadakan panggilan video dengan anggota angkatan bersenjata.

Baca juga: Tingkat Kematian di Inggris Tertinggi di Dunia Selama Pandemi

Keluarga kerajaan terkena dampak langsung pandemi pada Maret, ketika Pangeran Charles, putra tertua Ratu Elizabeth II dan pewaris takhta Inggris, dinyatakan positif terkena virus corona.

Charles yang berusia 71 tahun itu kemudian menyelesaikan isolasi dirinya di Skotlandia.

Kantor Pangeran Charles mengatakan pada saat itu bahwa tidak diketahui bagaimana dia tertular virus corona karena saking padatnya jadwal acara publiknya.

Baca juga: Inggris Akan Terapkan Sistem Lockdown Baru, Liverpool Jadi Prioritas

Sementara saat ini, Inggris tengah bergulat dengan lonjakan kasus Covid-19.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu (14/10/2020) memberlakukan sistem Peringatan Covid 3 tingkat di seluruh Inggris untuk mencoba menghentikan penyebaran virus corona, meluncurkan pembatasan lokal di beberapa kota utara dan ibu kota London.

Baca juga: Kisah Tragis Sultan Terakhir Zanzibar, 56 Tahun Jadi Rakyat Jelata di Inggris

Di Inggris, penggunaan masker adalah wajib di sebagian besar pengaturan dalam ruangan, seperti untuk pengunjung tempat wisata dan tempat hiburan, di pub serta restoran, kecuali saat makan dan minum.

Menurut pemerintah, orang-orang di Inggris diharapkan untuk memakai masker sebelum memasuki lokasi dalam ruangan, "kecuali jika ada alasan yang masuk akal untuk melepasnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com