Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Kesehatan Nasional Asal Inggris Ciptakan Aplikasi untuk Menekan Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 31/07/2020, 20:33 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Layanan Kesehatan Nasional (NHS) asal Inggris menciptakan aplikasi pelacak yang dapat memperingatkan pengguna, jika ada orang positif virus corona di dekatnya. Sehingga, memungkinkan untuk semakin menekan penyebaran Covid-19 di tempat umum. 

Ketua program uji dan penelusuran NHS, Baroness Harding mengatakan aplikasi ini mirip dengan aplikasi pelacakan asal Selandia Baru, yang diluncurkan pada pertengahan Mei lalu.

Baca juga: Dituding Sekte Sesat Penyebar Virus Corona di Korsel, Begini Klarifikasi Shincheonji

Namun, aplikasi NHS ini baru dapat digunakan untuk "aksi lokal bersama" seperti kondisi lockdown lokal, yang dapat menjadi langkah penting dalam mengendalikan penyebaran virus corona.

Melansir Daily Mail pada Jumat (31/7/2020), aplikasi pelacakan NHS memiliki sistem pengenalan barcode, yang memungkinkan pengguna untuk memindai ponsel mereka ketika mereka memasuki pub, restoran, atau toko.

Baca juga: Bank Sperma di China Kekurangan Donasi akibat Wabah Virus Corona

Jika ada seseorang yang mengunjungi tempat tersebut telah dites positif Covid-19, dimana pengguna berada, maka aplikasi NHS akan memberikan peringatan kepada pengguna tentang hal itu, dan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan tes.

Harding menjanjikan teknologi ini akan tersedia pada musim dingin. Sementara, ada versi sebelumnya telah dihapus pada bulan lalu.

Baca juga: Peneliti: Pejabat Wuhan Menghancurkan Bukti Penting Virus Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com