Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bob Dylan Rilis Lagu Baru Kedua, Rolling Stone: Menghibur di Masa Trauma Nasional

Kompas.com - 18/04/2020, 20:08 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penulis lagu dan pemenang hadiah Nobel Sastra, Bob Dylan, menambahkan lagu baru setelah 17 menit lagu pertamanya yang berjudul Murder Most Foul terbit awal April lalu.

Bob Dylan terus merilis musik orisinil pertamanya sejak vakum delapan tahun, dengan sebuah lagu di mana dia tampaknya membandingkan dirinya dengan Anne Frank, Indiana Jones, the Rolling Stones dan William Blake.

Dengan durasi lagu empat setengah menit, I Contain Multitudes berdurasi kurang panjang dibandingkan dengan lagu sebelumnya, Murder Most Foul, yang berdurasi 17 menit tentang pembunuhan John F Kennedy.

Melansir The Guardian, seperti lagu sebelumnya, I Contain Multitudes bebas alat musik perkusi dan hanya didukung oleh gitar akustik, listrik, dan pedal steel guitar atau gitar pedal baja.

Baca juga: 8 Tahun Vakum, Bob Dylan Sindir Kasus Pembunuhan John F Kennedy Lewat Lagu Baru, Murder Most Foul

Penulis lagu berusia 78 tahun itu mengumumkan melalui Twitter resminya.

Lagu I Contain Multitudes mendapatkan penilaian yang masam tetapi dia bangga atas penulisan lagu itu dan kepribadiannya sendiri. Dalam satu bait nyanyiannya berbunyi:

I’m just like Anne Frank, like Indiana Jones (Saya seperti Anne Frank, seperti Indiana Jones).
And them British bad boys, the Rolling Stones (Dan mereka anak laki-laki liar, the Rolling Stones).

Pada lirik lainnya, Dylan membandingkan dirinya dengan penulis gotik (cerita horror, misteri) Edgar Allen Poe, sementara baris lirik lain mengatakan "Aku berguling-guling dan aku bermain-main dengan semua pemuda", yang merujuk ke lagu David Bowie, All the Young Dudes.

Kesan kekerasan dan kematian juga membatasi suasana hati yang tampaknya tenang dan dapat didengar dari lirik yang maknanya,

"Saya membawa empat pistol dan dua pisau besar ... Saya tidur dengan kehidupan dan kematian di ranjang yang sama."

Baca juga: Sutradara Ford v Ferrari Bakal Garap Film Biopic Bob Dylan

Kembalinya Dylan menerbitkan lagu orisinil terjadi setelah tiga album sebelumnya terbit, Shadows in the Night (2015), Fallen Angels (2016) dan triple album Triplicate (2017).

Lagu-lagunya kini adalah karya baru pertamanya sejak memenangkan hadiah Nobel untuk sastra pada 2016.

Murder Most Foul secara kritis diakui pada rilisnya bulan lalu, Alexis Petridis dari Guardian mengabarkan bahwa liriknya padat dan menarik. Ada pun secara musikal, tidak seperti apa yang telah dilakukan Dylan sebelumnya.

Rolling Stone juga memuji lagu Dylan. Grup band genre musik rock asal Inggris itu mengatakan bahwa cara bermusiknya Dylan, "Dapat menghibur kita di tengah masa-masa trauma nasional."

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Bob Dylan Musisi Pencipta Genre Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com