Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kasus Infeksi Virus Corona di Wuhan Menurun, Satu Rumah Sakit Ditutup

Kompas.com - 02/03/2020, 14:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

WUHAN, KOMPAS.com - Satu dari 16 rumah sakit darurat yang dibangun di Wuhan, China, ditutup usai menurunnya jumlah kasus infeksi virus corona di kota tersebut.

Kabar ini disiarkan oleh stasiun televisi pemerintah, CCTV, pada Senin (2/3/2020). Rumah sakit itu ditutup setelah memulangkan pasien terakhir yang pulih dari Covid-19.

Rumah sakit yang ditutup ini adalah yang pertama dibangun di Wuhan sebagai rumah sakit darurat untuk mengobati pasien virus corona.

Dilansir dari Reuters, CCTV melaporkan rumah sakit ini ditutup setelah memulangkan 34 pasien yang baru sembuh.

Baca juga: Pesan dari Dokter Xie Jiang yang Berjuang di Garis Depan Rumah Sakit Anzhen, Wuhan

Penutupan rumah sakit darurat ini juga dilakukan seiring menurunnya jumlah kasus infeksi virus corona di Provinsi Hubei dan ibu kota provinsi tersebut, Wuhan.

Pada Minggu (1/3/2020) Provinsi Hubei Tengah melaporkan jumlah kasus infeksi Covid-19 tidak sampai 200 kasus, tepatnya 196 kasus baru.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional, angka ini menurun drastis dari sehari sebelumnya yang mencapai 570 kasus baru. Angka ini juga terendah sejak 24 Januari 2020.

Penurunan ini dipicu oleh menyusutnya jumlah kasus baru di Wuhan, tempat virus mematikan ini pertama kali muncul pada Desember lalu.

Kantor berita Reuters mengungkapkan, kasus infeksi baru virus corona di Wuhan sebanyak 193 pada Minggu. Angka terendah sejak 24 Januari 2020.

Baca juga: Marak Virus Corona, La Liga Justru Undang Klub Wuhan ke Laga El Clasico

Tak hanya di Wuhan, penurunan kasus baru juga terjadi di China secara keseluruhan. Minggu kemarin (1/3/2020) Negeri "Tirai Bambu" mengumumkan 202 kasus baru.

Jika kasus infeksi baru di Hubei tidak dihitung, maka hanya ada enam kasus baru di China kemarin. Angka ini adalah yang terendah sejak bulan lalu.

Secara total jumlah kasus infeksi corona yang telah menimpa negara pimpinan Xi Jinping ini sebanyak 80.026 sampai berita ini dirilis.

Korban meninggal tercatat sebanyak 2.912. Hari Minggu sebanyak 42 orang kehilangan nyawa, meningkat dari hari sebelumnya.

42 orang tersebut semuanya meninggal di Hubei, dan 32 di antaranya menghembuskan napas terakhir di Wuhan.

Pada 28 Februari Wuhan telah membangun 16 rumah sakit darurat, menambah 13.000 tempat tidur, dengan 12.000 orang yang dirawat sejauh ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com