Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Ponorogo Pak Mangun, Tempat Makan Dekat Bandara Adi Soemarmo

Kompas.com - 06/05/2024, 08:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comSate merupakan kuliner khas Indonesia yang banyak dijumpai di berbagai tempat.

Sate pun ada bermacam-macam. Tak hanya ada sate madura, ada pula sate ponorogo. Sesuai namanya, sate ini berasal dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Sate ponorogo juga sudah menyebar ke berbagai tempat. Salah satunya ada di dekat Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Resep Sate Ponorogo dan Bumbu Kacang, Cocok untuk Lauk Buka Puasa

Sate Ponorogo Pak Mangun adalah namanya. Jaraknya bahkan hanya 300 meter dari pintu masuk/keluar Bandara Adi Soemarmo dan Exit Tol Bandara Adi Soemarmo.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Tempat makan sate ponorogo ini baru dibuka pada Jumat (4/5/2024). Kompas.com pun berkesempatan untuk menyantap sate ponorogo pada hari pertama pembukaan ini.

Nikmatnya sate ponorogo

Sate ponorogo berbeda dari sate madura. Perbedaan yang paling jelas adalah dari daging dan saus kacangnya.

Untuk dagingnya, sate ponorogo disajikan pendek tetapi tebal. Meski begitu, dagingnya tetap empuk. Sementara sate madura biasanya lebih panjang dan tipis.

Baca juga: Sate Klatak Pak Jede, Sate Fenomenal Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Kemudian untuk sausnya, sate ponorogo lebih gurih dan kental. Rasa kacangnya lebih terasa. Adapun sate madura, biasanya lebih encer dan manis.

Sate Ponorogo Pak Mangun Dekat Bandara Adi Soemarmo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sate Ponorogo Pak Mangun Dekat Bandara Adi Soemarmo.

Harga makanan di Sate Ponorogo Pak Mangun adalah mulai Rp 11.000 dengan 5 tusuk sate dan lontong. Untuk 10 tusuk sate dan lontong, harganya Rp 21.000.

Pengunjung bisa meminta komposisi sate, apakah ingin sate kulit, jeroan, atau daging semuanya dalam satu porsi.

Baca juga: Main ke Tawangmangu, Jangan Lupa Cicipi Sate Kelinci

Adapun jam buka Sate Ponorogo Pak Mangun dekat Bandara Adi Soemarmo ini adalah mulai pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Bumbu dan cara masak yang otentik

Jika menyantap Sate Ponorogo Pak Mangun, maka rasanya tidak perlu diragukan lagi karena bumbu dan cara memasaknya masih otentik.

Kompas.com kebetulan bertemu dengan pemilik Sate Ponorogo Pak Mangun. Seperti nama tempatnya, pemiliknya bernama Mangun.

Sate Ponorogo dengan Daging yang Tebal.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sate Ponorogo dengan Daging yang Tebal.

Pemilik Sate Ponorogo Pak Mangun adalah seseorang asli Ponorogo. Oleh karena itu, bumbu dan cara memasaknya pun masih terjaga keasliannya.

“Iya, ini resepnya turun-temurun dari keluarga. Sudah dari dulu sekali saya terjun langsung (memasak sate ponorogo), membantu bapak saya,” kata Mangun kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Ragam 7 Sate Populer di Indonesia, Ada Sate Maranggi

Ia melanjutkan bahwa dalam memasak sate ponorogo, tidak boleh sembarangan. Dari potongan daging, teknik membakar, hingga membuat saus kacangnya, semua ada ilmunya.

“Seperti supaya satenya matang sempurna. Itu tidak boleh pakai kipas angin saat membakarnya dan harus tiga kali celup bumbu,” sambung Mangun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com