Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2024, 13:01 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Sagu mutiara merupakan salah satu bahan makanan yang biasa diolah menjadi bubur manis atau isian minuman. Sebenarnya, sagu mutiara juga bisa diolah menjadi aneka kudapan atau camilan tradisional dikukus yang enak.

Kompas.com rangkum sedikitnya ada tujuh resep sagu mutiara yang bisa kamu jadikan ide jualan saat bazar Ramadhan atau menu takjil yang dibagi-bagikan.

1. Resep melon sagu mutiara

Hanya dengan menggunakan tujuh bahan saja, seperti gula pasir, mutiara sagu, krim kocok, dan potongan melon. Kamu bisa membuat minuman sagu mutiara yang menyenangkan. Gunakan sagu mutiara putih.

Baca juga: Resep Dessert Melon Sagu Mutiara, Dingin dan Segar

2. Resep kolak sagu mutiara

Sagu mutiara digunakan sebagai tambahan isian dalam kolak santan yang satu ini. Sebelum ditamabahkan, sagu mutiara dimasak dengan sirop gula dan pewarna merah agar lebih menarik.

Baca juga: Resep Kolak Sagu Mutiara, Menu Takjil Manis dan Ekonomis

Ilustrasi bubur mutiara.DOK. SAJIAN SEDAP Ilustrasi bubur mutiara.

3. Resep bubur mutiara

Biji sagu mutiara bisa diolah menjadi aneka hidangan manis, salah satunya bubur sagu. Hanya dengan menggunakan 100 gram sagu mutiara putih, kamu bisa membuat 3-4 porsi bubur manis.

Baca juga: Resep Bubur Mutiara Sederhana, Dua Langkah Membuatnya

4. Resep es sagu mutiara

Bosan dengan menu takjil menyegarkan yang itu-itu saja? Coba ikuti resep es sagu mutiara yang dimasak dengan bubur pandan dan dihidangkan dengan sirup cocopandan, es serut, nangka, dan alpukat.

Baca juga: Resep Es Sagu Mutiara, Takjil Buka Puasa Segar yang Mudah Buatnya

Ilustrasi kue cantik manis pandan untuk menu takjil.DOK.SHUTTERSTOCK/tyasindayanti Ilustrasi kue cantik manis pandan untuk menu takjil.

5. Resep kue cantik manis

Kue tradisional ini dibuat dengan menggunakan loyang bulat sebagai cetakannya. Setelah semua adonan dimasak hingga mengental, tidak perlu mengukusnya lagi. Biarkan adonan beristirahat hingga sedikit mengeras dan dingin.

Baca juga: Resep Kue Cantik Manis, Jajanan Tradisional dari Sagu Mutiara

6. Resep puding mangga sagu mutiara

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis mangga yang sudah matang sepenuhnya dan rasanya manis. Seperti mangga harum manis, manalagi, atau gadung.

Campur mangga dengan santan, sagu mutiara, dan gula. Setelah dimasak, dinginkan dalam lemari es hingga padat, baru kemudian disajikan.

Baca juga: Resep Puding Mangga Sagu Mutiara, Pakai Santan Makin Creamy

7. Resep cente manis lumer

Cente manis merupakan jajanan khas Betawi yang terbuat dari olahan tepung hunkwe dan sagu mutiara merah. Adonan cente manis dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang.

Baca juga: Resep Cente Manis Hunkue, Kue Tradisional Rebus Mudah Buatnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com