Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 07:04 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Sop sayuran adalah menu yang mudah dibuat selain itu sehat, terdapat kandungan nutrisi dalam sayuran seperti wortel, buncis, dan kol.

Sop yang sehat selain isinya juga bumbu rempah yang dipakai, tidak hanya lada putih dan bawang putih saja terdapat berbagai macam rempah.

Simak bahan bumbu untuk membuat sup sehat, dikutip dari buku "Resep Favorit Anak ala Resto SUP" (2013) karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan laman Leaf.tv.

Baca juga:

1. Dashi bubuk

Dashi adalah kaldu khas Jepang yang terbuat dari konbu sejenis rumput laut dan remah ikan bonito, bisa menjadi bumbu penambah rasa gurih pada sup.

2. Daun bay

Daun bay merupakan rempah yang tumbuh di Mediterania. Sepintas mirip daun salam, daun bay banyak dijual dalam bentuk kering.

3. Keju

Jika ingin membuat sup krim bisa ditambahkan keju untuk penambah rasa, terdapat keju parmesan yang dijual dalam bentuk utuh, potongan, serut kasar, dan bubuk.

Ada juga keju mozzarella yang kenyal dan elastis jika terkena panas.

4. Sup ala Italia

Jika bosan dengan bumbu sup yang itu-itu saja, coba memakai bumbu ala Italia ini. Siapkan tomat, kacang hijau, artichoke panggang, paprika, kacang polong, keju parmesan, bawang putih, oregano, basil, dan peterseli.

5. Sup ala Meksiko

Selanjutnya ada juga sup sayuran ala Meksiko yang lebih banyak menggunakan rempah-rempah dengan rasa sedikit pedas.

Sup ala Meksiko terdiri dari jagung, paprika merah, tomat, kacang kering, kemudian bumbu bubuk cabai, ketumbar, daun ketumbar, dan salsa.

6. Sup ala Vietnam

Selanjutnya sup ala vietnam ini bisa dicoba dengan bahan butternut squash, kacang hijau, kemudian bumbu rempah jahe, ketumbar, cengkih, paprika merah dan mint.

Buku "Resep Favorit Anak ala Resto SUP" (2013) karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli online di Gramedia.com.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com